Masuk Nominasi Sekolah Penggerak, SMP ini Optimis Lahirkan Siswa Terampil

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 24 Maret 2022
0 dilihat
Masuk Nominasi Sekolah Penggerak, SMP ini Optimis Lahirkan Siswa Terampil
Siswa SMPN 31 Lantari Jaya Bombana praktek pembuatan tape kentang. Foto : Admin Sekolah

" Dengan binaan guru kelas, siswa kini dapat menyaksikan perbandingan teori yang diterima di meja belajar dan praktek nyata "

BOMBANA, TELISIK.ID - SMPN 31 Lantari Jaya merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Bombana yang masuk nominasi kategori sekolah penggerak yang ditetapkan langsung oleh Kementrian Pendidikan RI.

Kepala SMPN 31 Lantari Jaya, Risniani menjelaskan, sekolahnya saat ini masuk dalam nominasi sekolah penggerak. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah dalam terapan ilmu mata pelajaran, siswa dituntut menghasilkan 3 karya nyata.

Dari pantauan Telisik.id, dengan mata pelajaran IPA dengan Materi Biotekhnologi Konvensional, mengenalkan kepada siswa cara belajar membuat Tape Singkong, Tape Ketan, Tempe dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

Alhasil, dengan binaan guru kelas, siswa kini dapat menyaksikan perbandingan teori yang diterima di meja belajar dan praktek nyata.

"Karena kriteria untuk keluar jadi sekolah penggerak program Kementrian Pendidikan dalam setahun setiap mata pelajaran terapan harus menghasilkan 3 produk. Saat ini IPA sudah berhasil buat tape," ucap Risniani saat ditemui, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga: Dugaan Pemalsuan Slip UKT, Zamrun: Itu Kesalahan Mereka, Saya Mau Buat Apa

Baca Juga: Siswa SMAN 4 Kendari Gunakan HP Saat Ujian Sekolah

Tempat sama, Guru Mata Pelajaran IPA, Nurmawati menerangkan, animo siswa ketika diberikan pelajaran di ruang terbuka sangat senang.

"Kalau materi di ruangan terus, siswa nampak jenuh, jadi kami programkan dalam satu Minggu ada jam belajar di ruang terbuka. Nah kebetulan kita (SMPN 31 Lantari Jaya) belum miliki lab praktek, maka kami gunakan cara praktek teori konfensional yakni menggunakan bahan dan alat yang ada di sekitar sekolah," pungkasnya.

Dengan terapan teori seperti ini, Nurmawati selalu optimis, siswa yang tamatkan pendidikan di sekolah SMPN 31 ini adalah siswa yang terampil apalagi selama praktek, semua siswa mampu menerapkan teori yang telah diterima dengan mudah. (B)

Reporter : Hir Abrianto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga