Antisipasi Kekeringan, Pemkab Muna Barat Serahkan 45 Unit Pompa Air untuk Petani

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Selasa, 20 Agustus 2024  /  2:35 pm

Pemkab Muna Barat beri bantuan 45 pompa air ke kelompok tani untuk mengantisipasi kekeringan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Mengantisipasi kekeringan di tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Muna Barat menyerahkan 45 unit mesin pompa air untuk kelompok tani yang ada di tiga wilayah besar.

Pantauan Telisik.id, bantuan tersebut diserahkan usai jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-79. Dalam penyerahan secara simbolis itu diwakili oleh empat Kepala Desa Madampi, Desa Lindo, Desa Kombikuno, dan Desa Latugho di Lapangan Sepak Bola Guali, Kecamatan Kusambi, Selasa (20/8/2024).

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan bahwa bantuan pompa air tersebut arahan dari Presiden RI, Joko Widodo untuk mendukung tanaman petani khususnya padi.

Selanjutnya, bantuan tersebut untuk menjaga stok pangan karena Indonesia diprediksi akan mengalami kekeringan atau elnino. Sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada berkurang dan meningkatnya biaya produksi.

Baca Juga: Dilanda Kekeringan, Wisata Alam Kabura-burana Buton Selatan Tetap Beroperasi

Untuk itu, ia meminta kepada Dinas Pertanian dan para petani agar hasil panen padi kedepannya ditampung sehingga pemda yang akan membeli langsung kepada ke petani.

“Tolong hasil panennya ditampung di gudang dan nanti Pemda yang akan membelinya karena ini adalah bagian dari tanggung jawab kami,” ujar La Ode Butolo.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Respon Cepat Kekeringan dan Krisis Air Bersih di Kecamatan Besulutu

Inisiatif ini dilakukan karena dia tidak menginginkan warganya kekurangan stok pangan seperti beras, cabai, bawang dan lainnya. Ia juga berharap kepada kepala desa yang mewakili penerimaan bantuan tersebut agar dimanfaatkan dan dirawat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat, Nestor Jono mengaku, yang menjadi arahan dari Pj Bupati Muna Barat akan dilaksanakan yakni dengan terus mengontrol bantuan mesin pompa air tersebut agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan hasil panen tetap maksimal di tengah cuaca Elnino yang akan dihadapi.

“Ini bagain dalam menjawab keluhan petani di tengah kekeringan yang akan melanda. Kita gerakkan semua penyuluh untuk meningkatkan produksi panen,” pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS