Cara Mudah Hidupkan Suara di Zoom Lewat PC dan HP

Fitrah Nugraha

Reporter

Senin, 13 Juli 2020  /  11:59 am

Aplikasi Zoom saat ini menjadi salah satu aplikasi favorit untuk melakukan meeting virtual. Foto: Repro Gagedtized.com

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat kini dituntut melakukan kegiatan secara virtual, sehingga berbagai aplikasi yang menyediakan sarana video call semakin diminati, salah satunya adalah aplikasi Zoom.

Sebagai pengguna aplikasi Zoom, salah satu masalah yang sering muncul adalah suara atau volume Zoom yang tiba-tiba mati. Lalu bagaimana mengatasinya?

Dilansir dari Gagedtized.com belakangan ini memang salah satu aplikasi Meeting Online terbaik, Zoom, kerap mengalami masalah suara. Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah ikon speaker pada tampilan Setting lupa diaktifkan.

Namun yang kerap menjadi masalah adalah sudah menghidupkan ikon Speaker tapi suara di Zoom tidak juga muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Dimana, pengguna hanya perlu membuka layanan Zoom pada ponsel atau PC. Setelah itu tap atau klik menu Setting. Kemudian pilih menu Meeting.

Selanjutnya silahkan klik Auto-Conect to Audio. Terakhir, pilih Use Internet. Sekarang suara di Zoom telah muncul kembali.

Namun, bagaimana jika setelah mengikuti proses tersebut tapi suara di Zoom tetap belum muncul? untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa keluar dari Zoom. Setelah itu lakukan restart pada smartphone atau PC yang digunakan untuk mengoperasikan Zoom.

Baca juga: 3 Cara Ini Bisa Hapus Iklan di Android Kamu

Penyebab Suara di Zoom Tidak Muncul

Masalah suara di Zoom biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

- Fitur Auto-Conect to Audio belum diaktifkan.

- Terlalu banyak cache pada PC atau Smartphone.

- Menu Mute pada saat Meeting dalam kondisi ON.

- Lupa menaikkan Volume pada saat Meeting Online.

Manfaat layanan Zoom

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu yang lalu Pemerintah menghimbau para pekerja untuk mendukung program Work From Home. Nah, untuk itu banyak dari mereka khususnya pekerja kantoran yang menggunakan layanan Zoom. Zoom sendiri memiliki fitur serta manfaat sebagai berikut :

- Memudahkan proses Meeting secara Online.

- Memudahkan proses bekerja dari rumah.

- Memudahkan komunikasi antar rekan kerja hingga client perusahaan.

- Dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghidupkan suara di Zoom. Mudah bukan? Masalah tersebut ditimbulkan oleh beberapa hal, seperti lupa menaikkan volume, mengaktifkan menu Mute hingga lupa menghidupkan fitur Auto-Conect to Audio di menu Setting. Setelah mengetahui tata cara mengatasi masalah suara di Zoom, sekarang kalian bisa menikmati fitur sekaligus manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi Zoom.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali