Cara Praktis Kosongkan Memori HP dari File Penyimpanan Sampah

Ahmad Jaelani

Reporter

Kamis, 26 September 2024  /  6:35 pm

Data seperti foto, video, dan dokumen dapat dipindahkan ke kartu memori eksternal meningkatkan kinerja ponsel. Foto: Repro Pinterst

KENDARI, TELISIK.ID - Memori handphone penuh menjadi salah satu masalah umum yang sering dialami pengguna. Hal ini menyebabkan performa ponsel menurun, bahkan kerap menyebabkan ponsel menjadi lambat.

Pengguna harus rajin mengecek kapasitas memori dan rutin membersihkannya agar tetap optimal. Kapasitas memori ponsel saat ini bervariasi, mulai dari 128GB hingga 512GB.

Meskipun sudah dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar, sering kali memori ponsel tetap saja cepat penuh.

Seiring berkembangnya teknologi, kualitas kamera ponsel juga semakin canggih. Foto dan video yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi, sehingga memerlukan ruang penyimpanan lebih besar. Selain file media, aplikasi-aplikasi tertentu juga menyita kapasitas memori yang besar.

Telisikers, berikut cara-cara membersihkan file sampah di HP anda:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mengutip CNN Indonesia, Kamis (26/9/2024), aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan sebaiknya dihapus agar tidak memakan memori. Pengguna sering kali memasang aplikasi untuk kebutuhan tertentu namun tidak digunakan lagi setelahnya.

Baca Juga: Begini Cara Blokir STNK Secara Online dan Offline Setelah Kendaraan Berganti Kepemilikan

Dengan menghapus aplikasi tersebut, memori yang sebelumnya terpakai dapat dikosongkan. Selain aplikasi, game juga bisa menjadi salah satu penyebab cepat penuhnya memori.

Game yang sudah selesai dimainkan bisa dihapus untuk memberikan ruang yang lebih lega pada penyimpanan ponsel.

2. Bersihkan Cache Secara Berkala

Data cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Namun, jika dibiarkan menumpuk, cache juga bisa menghabiskan memori.

Membersihkan cache secara berkala dapat membantu mengurangi penggunaan memori tanpa harus menghapus aplikasi. Membersihkan cache tidak akan menghapus data penting aplikasi, hanya data sementara yang tidak dibutuhkan.

3. Hapus Data Media dari WhatsApp

Pengguna WhatsApp sering kali menerima dan mengirim banyak foto, video, dan dokumen. Data ini lama-kelamaan akan menumpuk dan memakan banyak ruang di memori ponsel.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, pengguna bisa menghapus media yang tidak lagi diperlukan dari WhatsApp. Alternatif lainnya adalah dengan memindahkan media tersebut ke penyimpanan eksternal atau cloud agar tetap dapat diakses namun tidak memenuhi memori ponsel.

4. Matikan Fitur Unduh Otomatis WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur unduh otomatis yang akan mengunduh semua media yang diterima pengguna. Fitur ini bisa dimatikan agar tidak semua foto, video, atau dokumen yang dikirim langsung tersimpan di ponsel.

Dengan mematikan fitur ini, pengguna bisa memilih media mana saja yang ingin diunduh dan disimpan. Cara untuk mematikan fitur ini adalah dengan membuka pengaturan WhatsApp, kemudian memilih opsi penyimpanan dan data.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih

Beberapa aplikasi pembersih seperti CCleaner dapat membantu membersihkan file-file tidak penting di ponsel secara otomatis. Aplikasi ini bisa menghapus data cache, file duplikat, dan file tidak penting lainnya yang memakan memori.

Selain membersihkan memori, aplikasi cleaner juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa ponsel dengan membersihkan RAM dan mengoptimalkan multitasking.

6. Backup atau Hapus File yang Tidak Digunakan

Pengguna sering kali menyimpan banyak foto dan video di galeri ponsel, yang lama-kelamaan membuat memori penuh. File-file ini bisa dihapus jika sudah tidak diperlukan atau dipindahkan ke perangkat lain seperti komputer atau penyimpanan cloud.

Baca Juga: Metode Ini Diklaim Ampuh Perpanjang dan Besarkan Ukuran Mr P

Dengan melakukan backup, file tetap aman dan tidak akan memenuhi memori ponsel. Penyimpanan cloud seperti Google Drive atau iCloud bisa menjadi solusi untuk menyimpan file dengan aman.

7. Gunakan Kartu Memori Eksternal

Bagi ponsel yang mendukung penggunaan kartu memori eksternal, ini bisa menjadi solusi efektif. Data-data seperti foto, video, dan dokumen dapat dipindahkan ke kartu memori eksternal sehingga memori internal ponsel bisa digunakan untuk aplikasi dan data penting lainnya.

8. Manfaatkan Penyimpanan Cloud

Selain kartu memori eksternal, penyimpanan cloud juga bisa menjadi alternatif lain. Penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox dapat menyimpan file secara online sehingga tidak memakan memori ponsel.

Penyimpanan cloud umumnya menyediakan kapasitas gratis, namun jika memerlukan ruang lebih, pengguna bisa berlangganan untuk kapasitas tambahan.

Dengan menerapkan tips di atas, pengguna bisa mengelola memori ponsel dengan lebih baik. Membersihkan memori secara rutin tidak hanya membantu memperpanjang umur ponsel, tetapi juga menjaga performanya agar tetap optimal. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS