8 Tips Jitu Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Mei 2024
0 dilihat
8 Tips Jitu Bangun Lebih Segar di Pagi Hari
Terdapat beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan lebih segar saat bangun tidur di pagi hari. Foto: Repro google.com

" Mudah lelah dan tidak fokus dalam menjalani hari, seringkali dialami ketika seseorang bangun tidur dalam keadaan tidak segar. Maka penting untuk mengetahui tips mengatasi masalah tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Mudah lelah dan tidak fokus dalam menjalani hari, seringkali dialami ketika seseorang bangun tidur dalam keadaan tidak segar. Maka penting untuk mengetahui tips mengatasi masalah tersebut.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, ada banyak manfaat bangun pagi dalam keadaan segar yang sayang untuk dilewatkan, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Kebiasaan ini mungkin tidak mudah diterapkan, khususnya bagi yang memiliki tuntutan pekerjaan hingga malam hari.

Manfaat bangun pagi dalam keadaan segar ini cukup beragam, mulai dari menjaga kesehatan kulit, mendukung produktivitas sepanjang hari, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, ternyata banyak juga orang yang merasa tidak segar ketika bangun di pagi hari, padahal telah memiliki waktu tidur yang cukup. Akibatnya mereka mudah lelah dan tidak fokus dalam menjalani hari.

Kualitas tidur bisa memengaruhi banyak hal, beberapa di antaranya seperti kesehatan tubuh dan suasana hati. Maka penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar bangun tidur dalam keadaan segar di pagi hari.

Baca Juga: 6 Cara Ampun Atasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Melansir bola.com dari Klikdokter, berikut beberapa tips jitu agar bangun lebih segar:

1. Waktu Tidur Konsisten 

Tips pertama yang dapat dilakukan agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah mengatur waktu tidur yang konsisten.

Hal ini penting dilakukan karena bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengaktifkan "jam alami" tubuh.

Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dengan aturan tersebut dan akan secara otomatis menyesuaikan diri untuk tidur atau bangun di waktu yang sama.

2. Hindari Kafein 

Tips kedua agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan menghindari minuman yang mengandung kafein. Kenapa? Ya, karena kafein ini merupakan kandungan pada kopi, yang berguna untuk membuat Anda tetap terjaga.

Maka apabila ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein antara 4-6 jam sebelum tidur.

3. Hindari Makan sesaat Sebelum Tidur 

Tips ketiga agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan menghindari makan sesaat sebelum tidur.

Hal ini penting dilakukan karena konsumsi makan berat, termasuk yang tinggi karbohidrat, sebelum waktu tidur dapat membuat Anda merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur.

4. Ubah Suasana Kamar

Tips keempat agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan mengubah suasana kamar. Hal ini bisa dilakukan karena lingkungan kamar yang tenang dan sejuk dapat bantu Anda lebih mudah tertidur.

Selain itu, sebaiknya juga jauhkan komputer, televisi, dan gawai dari jangkauan. Cara ini dapat membantu memusatkan pikiran Anda untuk bisa tertidur tanpa gangguan.

5. Jauhkan Handphone saat Mendekati Waktu Tidur

Tips kelima agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan menjauhkan handphone saat ingin tidur. Sebab ketika menyimpan handphone, apalagi memainkannya, bisa mengganggu untuk merasa segar saat bangun pagi.

Hal ini terjadi karena handphone dan gadget sejenis membuat Anda terpapar dengan blue light. Cahaya ini dianggap dapat merangsang otak dan menghalangi tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

6. Matikan Lampu Kamar

Tips keenam agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan mematikan lampu kamar.

Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

Baca Juga: 6 Tips Aman Main Gadget Bagi Mata Anak

7. Buat Kebiasaan sebelum Tidur 

Tips ketujuh agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan membuat kebiasaan positif sebelum tidur.

Jadi sebaiknya cobalah membuat kebiasaan rutin sebelum Anda tidur, misalnya mandi sebelum tidur, membaca buku, atau bermeditasi.

8. Olahraga Teratur

Tips kedelapan agar bangun tidur dalam keadaan segar adalah dengan melakukan olahraga teratur. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Jadi, agar Anda segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan lebih segar saat bangun tidur di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga