Delapan Kelurahan di Kota Lubuklinggau Terendam Banjir

Marwan Azis

Reporter Jakarta

Senin, 27 September 2021  /  11:58 am

Sejumlah warga bergotong-royong membersihkan puing sisa banjir di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Minggu (26/9/2021). Foto: BPBD Kota Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU, TELISIK.ID - Sebanyak delapan kelurahan di empat kecamatan yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, terendam banjir.

Peristiwa banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Lubuklinggau sejak Minggu (26/9/2021) dini hari, pukul 00.00 WIB.

Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kota Lubuklinggau, delapan kelurahan tersebut meliputi Kelurahan Muara Enim dan Tanjung Aman di Kecamatan Lubuk LInggau Barat I.

Kemudian Kelurahan Wira Karya, Dempo dan Karya Bakti di Kecamatan Lubuk Linggau Timur II. Selanjutnya Kelurahan Moneng Sepati di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kelurahan Jogoboyo dan Puncak Kemuning di Kecamatan Lubuk Linggau Utara II.

Hal tersebut disampaikan Abdul Muhari, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Diperiksa Terkait Soal Tambang, Menteri Luhut Tiba di Polda Metro Jaya

Baca Juga: Kisah Pahit Siswi SMA di NTT Diperkosa hingga Hamil 3 Bulan

"Banjir tersebut juga merendam sedikitnya 81 rumah yang dihuni oleh 81 KK. Adapun tiga jembatan dilaporkan turut terdampak," ujar Muhari pagi ini.

Ia menambahkan, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlaku untuk wilayah Sumatera Selatan pada Senin (27/9/2021) sampai dengan Selasa (28/9/2021).

"Dari informasi prakiraan cuaca tersebut, masyarakat diharapkan tetap waspada dan dapat melakukan upaya mitigasi serta meningkatkan kesiapsiagaan sebagai antisipasi adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu oleh faktor cuaca," pungkasnya (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali