Dirjen PAUD Monitoring Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Kolaka Timur

Sigit Purnomo

Reporter

Kamis, 02 Maret 2023  /  9:02 pm

Dirjen PAUD dan Dikdasmen melakukan monitoring implementasi kebijakan merdeka belajar jenjang PAUD/SD/SMP se-Kolaka Timur. Foto: Ist.

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Menengah (Dirjen PAUD dan Dikdamen) Kemendikbud memonitoring implementasi kebijakan merdeka belajar jenjang PAUD/SD/SMP se-Kolaka Timur, Kamis (2/3/2023).

Monitoring itu dilaksanakan di salah satu PAUD yang ada di Kelurahan Tababu, yakni TK Negeri Handayani Tababu. Selanjutnya, Dirjen menggelar audiensi dengan seluruh Kepala Sekolah PAUD, SD dan SMP di Aula Kantor Bupati Kolaka Timur.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis berharap, pemahaman dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di daerah dapat semakin meningkat.  

Baca Juga: Konser Iwan Fals di Kabupaten Konawe Disambut Ribuan Fans

Azis menyambut baik dan mendukung penuh implementasi kurikulum merdeka itu, karena dengan penerapan kurikulum merdeka belajar itu.

"Bukan sekadar demi prestasi sekolah ataupun pencitraan dinas, melainkan harus berdasarkan inisiatif dan hasil refleksi sekolah agar penerapannya tumbuh secara alamiah dan tidak dipaksakan," tambahnya.

Azis meyakini, kurikulum merdeka itu dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah bagi peserta didik dan mendukung penguatan karakter pada anak agar mereka lebih bebas berekspresi.

"Sebab, setiap anak memiliki gaya belajar dan keunikannya sendiri-sendiri. Kita dukung anak-anak pintar dan sukses di bidangnya masing-masing, namun dengan tetap menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa mereka," tuturnya.

Ia juga mengatakan, perlu disadari akan banyak permasalahan yang muncul dalam implementasi merdeka belajar di satuan pendidikan.

Olehnya itu, Azis berharap Pemerintah Pusat dan juga BPM Sulawesi Tenggara, dapat melakukan evaluasi, sehingga program merdeka belajar itu dapat diterapkan secara bertahap.

"Kunci keberhasilan dari implementasi kurikulum merdeka ini adalah, bagaimana guru-guru harus belajar melalui komunitas belajar dan memanfaatkan platform merdeka mengajar," harapnya.

Sementara itu, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Komalasari mengatakan, program kurikulum merdeka belajar harus dapat diterapkan di masing-masing sekolah agar mengembangkan proses belajar siswa.

Baca Juga: Pasca Dilantik Kades di Kolaka Timur Ikut Rakor Perdana

Ia juga mengatakan, para guru dan kepala sekolah harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang program merdeka belajar tersebut.

"Agar dalam implementasinya tidak ada kesalahan," tambahnya.

Dalam audiensi itu hadir, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Komalasari, Bupati Kolaka Timur Abdul Azis, Ketua DPRD Kolaka Timur Suhaemi Nasir, Sekda Kolaka Timur Andi Muh Iqbal Tongasa, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tenggara, Muhammad Askari, sejumlah anggota DPRD, staf ahli, kepala OPD dan Kepala Bagian Lingkup Pemda Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS