Foto Bahlil Diduga Minum Whiskey Puluhan Juta dari Jepang Disebut Bukan Editan

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 25 Agustus 2024  /  7:51 pm

Foto viral diduga Bahlil Lahadalia (kiri) dengan sebotol whisky Jepang merek Hibiki seharga Rp 38 juta lebih disampingnya, menapat respon dari Pakar Telematika, Roy Suryo (kanan). Foto: Kolase GridArt

JAKARTA, TELISIK.ID - Masih hangat,  foto diduga Menteri ESDM Bahlil Lahadalia yang tampak sedang duduk disamping botol whiskey Jepang seharga puluhan juta rupiah menjadi viral di media sosial. Kebenaran foto tersebut sudah diverifikasi dan dinyatakan bukan hasil editan.

Media sosial sedang dihebohkan dengan beredarnya foto mirip Menteri ESDM sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang sedang menikmati sebotol whiskey Jepang bermerek Hibiki.

Whiskey tersebut diketahui memiliki harga fantastis, mencapai Rp 38,5 juta per botol. Kabar ini pertama kali muncul dan viral pada Sabtu (24/8/2024), dengan lebih dari 6 ribu cuitan di platform X yang membuat nama Bahlil menjadi trending topic.

Dilansir dari tribunnews.com, Minggu (25/8/2024), foto tersebut kini telah tersebar luas di berbagai platform media sosial dan dibagikan berkali-kali oleh warganet. Salah satu pengamat teknologi dan pakar telematika, Roy Suryo, memberikan klarifikasi mengenai keaslian foto tersebut.

Roy Suryo memastikan bahwa foto itu asli dan bukan hasil rekayasa digital setelah melakukan analisis teknis yang mendalam.

Roy Suryo menjelaskan bahwa terdapat beberapa elemen dalam foto yang mendukung keasliannya. Pertama, ujung lengan kaos yang dikenakan oleh seseorang dalam foto tersebut terlihat jelas pada pantulan di botol minuman.

Baca Juga: DPR dan KPU Setuju Syarat Calon Kepala Daerah Tetap Pakai Putusan MK

Pantulan ini menunjukkan bahwa gambar tersebut tidak mengalami manipulasi digital. Kedua, meja tempat botol tersebut berada juga terlihat jelas dalam pantulan botol. Hal ini semakin memperkuat bahwa posisi dan sudut pandang foto memang sesuai dengan situasi aslinya.

Roy Suryo juga menyoroti batas cairan dalam botol yang tampak sejajar dengan meja, yang menurutnya menambah keyakinan bahwa foto tersebut tidak mengalami penyuntingan.

Selain itu, refleksi botol mineral yang berada di samping botol minuman beralkohol tersebut terlihat alami, tanpa tanda-tanda distorsi yang biasanya muncul akibat pengeditan foto. Berdasarkan analisis ini, Roy Suryo menyimpulkan bahwa foto tersebut adalah 100 persen asli.

Lebih lanjut, Roy Suryo menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang menelusuri meta data dari foto tersebut untuk mengetahui waktu dan tempat kejadian yang lebih spesifik.

"Lagi dicari meta data kapan foto itu diambil," ucap Roy Suryo dalam keterangannya.

Tidak hanya itu, Roy Suryo juga melayangkan kritik terhadap Alumni FISIP UI yang memposting ucapan selamat kepada Bahlil. Menurut Roy, tindakan tersebut sangat tidak peka terhadap kondisi sosial dan situasi yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

"Apalagi terjadi di tengah pengorbanan seluruh mahasiswa dan rakyat Indonesia berjuang mempertahankan demokrasi, ini malah memposting di Instagram ucapan selamat untuk orang yang de facto telah gagal total dan terbukti sangat memalukan dalam tugasnya," tegas Roy Suryo.

Roy Suryo juga menyamakan kejadian ini dengan kasus pasangan yang ke Amerika dengan private jet di tengah Indonesia sedang bergulat dengan masalah besar.

"Ini mirip dengan pasangan yang ke Amerika dengan private jet di tengah Indonesia sedang bergulat malah memposting foto yang tidak sopan. Roti seharga Rp 400 ribu. Ya itulah yang terjadi," tambahnya.

Di sisi lain, seorang warganet dengan akun X bernama @Lukman Simanjuntak juga turut mengomentari foto viral tersebut. Ia mengunggah foto yang sama dan memberikan caption yang mengundang perhatian. "Apaan sih pada ngeributin Erina beli roti 400K? Kalah dong sama orang ini, minum whiskey Jepang Hibiki 38 jutaan. Eh siapa sih orang ini?" tulisnya.

Unggahan tersebut telah ditonton lebih dari 211 ribu kali dan semakin menambah viralitas foto tersebut.

Baca Juga: Tunjangan Kinerja PNS BUMN Naik Seratus Persen

Dalam foto tersebut, terlihat seorang pria yang diduga mirip Bahlil dengan mengenakan baju putih dan celana jeans biru. Pria tersebut terlihat sedang menelpon sambil memegang kepala.

Sementara itu, di atas meja tempat pria tersebut duduk, terlihat botol Whiskey Hibiki 21 Year Old yang harganya mencapai Rp 38,5 juta. Selain botol whiskey, terdapat juga gelas bekas minuman, botol air mineral, dan puntung rokok di atas meja.

Sebelumnya diberitakan Telisk.id, pemandangan ini menarik perhatian banyak pihak, termasuk pakar hukum tata negara, Refly Harun, yang turut mengomentari foto tersebut dalam sebuah video di kanal YouTube-nya.

Refly mengungkapkan bahwa foto tersebut didapatkan dari seseorang yang mengirimkannya. Ia merasa heran dan kecewa dengan perilaku seorang pejabat publik yang tampak menikmati minuman mahal di tengah situasi ekonomi yang sulit bagi masyarakat.

Menurut Refly, tindakan tersebut menunjukkan kurangnya etika kenegaraan dan sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang menteri.

Refly juga menyoroti aspek keagamaan dari tindakan Bahlil tersebut. Ia menegaskan bahwa, sebagai seorang muslim, minuman beralkohol seperti whiskey hukumnya haram. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS