Gandeng NU di Pilkada Jatim, PDIP Jawara di 6 Daerah

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Minggu, 13 Desember 2020  /  11:45 am

Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

SURABAYA, TELISIK.ID - Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari Bisawarno mengatakan, dalam Pilkada serentak yang digelar di 19 daerah di Jatim, ada 6 kemenangan diraih PDIP dengan melibatkan kolaborasi dengan NU.

"Alhamdulillah kami berhasil menunjukkan perpaduan kalangan Sukarnois dengan NU bisa menyatu di enam daerah hasil Pilkada serentak kemarin di Jatim," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (13/12/2020).

Menurut wanita asal Malang ini, perpaduan Sukarnois (nasionalis) dan NU (religius) ini terlihat di enam kemenanangan yakni di Kabupaten Situbobdo, Kediri, Gresik, Trenggalek, Malang dan Kabupaten Sumenep.

Dibeberkan Untari, keberhasilan ini bukti bahwa perpaduan antara nasionalis dan religius benar-benar diimplementasikan oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada yang berlangsung di Jatim, 9 Desember 2020.

Baca juga: Terlibat Politik Praktis, Fasilitator PKH di Muna Langgar Kode Etik

"Masyarakat juga mendukung. Terbukti mereka bisa memenangkan Pilkada. Ini keinginan masyarakat agar kekuatan nasionalis dan relegius bisa bersatu dalam memimpin mereka, tidak lain untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Kemenangan ini, lanjut Untari, bisa menjadi catatan yang cukup indah bagi NKRI yang dimulai dari Jawa Timur. Kekuatan terbesar di Jatim untuk membawa kemakmuran masyarakat yang teridentifikasi pada kalangan nasionalis dan religius bisa dipadukan oleh PDI Perjuangan.

"Inilah wujud nyata perpaduan kalangan Sukarnois (nasionalis) dan NU (religius) yang dimunculkan oleh PDI Perjuangan dan mendapat respon positif masyarakat sehingga mereka terpilih," jelas Untari yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim.

Sementara itu berdasarkan data dari DPD PDIP Jatim, 6 kemenangan yang diraih PDIP di Jatim dari hasil dengan kolaborasi dengan NU antara lain,

1. Situbondo, Karna Swandi - Khoirani (53,11%)

2. Malang, HM. Sanusi - Didik Gatot S (45,56%)

3. Kediri, Hanindhito Himawan - Dwi Mariyah Ulfa (76,73%).

4. Trenggalek, Nur Arifin - Syah Muhammad N (68,08%).

5. Gresik, Fandi Achmad - Aminatun Habibah (51,32%)

6. Sumenep, Ahmad Fauzi - Dewi Khalifah (51,87%). (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali