Gempa Megathrust Diprediksi Bakal Terjadi di Indonesia, Ini Daftar Daerah Berpotensi Terdampak

Merdiyanto

Content Creator

Minggu, 18 Agustus 2024  /  9:28 am

Gempa megathrust diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Foto: Repro SKY NEWS

JAKARTA, TELISIK.ID - Ancaman gempa megathrust menghantui Indonesia. Pasalnya, masyarakat dibuat takut dengan informasi yang menyebut bahwa Indonesia rawan terkena gempa berkekuatan besar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan bahwa Indonesia berpotensi mengalami gempa besar, terutama di zona megathrust.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kekhawatiran ilmuwan Jepang tentang Megahthrust Nankai sama dengan yang dirasakan oleh ilmuwan Indonesia, seperti dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

Hal ini terkait dengan Seismic Gap di kawasan megathrust Selat Sunda dan megathrust Mentawai-Suberut yang berada di kawasan tersebut.

Daryono memperkirakan gempa maksimum di megathrust Selat Sunda bisa mencapai magnitudo 8,7, sedangkan di Mentawai-Siberut bisa mencapai 8,9, berdasarkan analisis seismic gap di kedua zona tersebut.

Baca Juga: Gempa Guncang Konawe Selatan dan Terasa Hingga Kendari

Kemungkinan terjadinya gempa megathrust di kedua wilayah ini sangat besar mengingat lamanya kedua wilayah tersebut tidak mengalami gempa besar.

Gempa megathrust sendiri merupakan gempa bumi berkekuatan besar yang terjadi di zona subduksi. Keadaan ini terjadi ketika salah satu lempeng tektonik Bumi terdorong ke bawah lempeng tektonik lainnya.

Alhasil gesekan terus-menerus antara kedua lempeng menyebabkan penumpukan energi regangan yang akhirnya memicu gempa megathrust besar dan dahsyat.

Berdasarkan letak geografisnya, zona subduksi yang menjadi pemicu gempa megathrust banyak ditemukan di kawasan Samudra Pasifik. Sebagian besar posisi zona ini, lempeng benua menimpa lempeng samudra di bawah laut.

Dilansir dari Tvonenews.com, di Indonesia, zona megathrust telah diketahui ada di beberapa wilayah dan dikenal sejak beberapa tahun lalu, antara lain:

Baca Juga: Termasuk Sulawesi Tenggara, BMKG Catat Gempa Terbanyak di Indonesia Sepanjang 2023, Terbaru Gempa di Cipatujah Tasikmalaya

1. Subduksi Sunda: Mencakup wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba.

2. Subduksi Banda.

3. Subduksi Lempeng Laut Maluku.

4. Subduksi Sulawesi.

5. Subduksi Lempeng Laut Filipina.

6. Subduksi Utara Papua.

Untuk mengantisipasi potensi bahaya yang besar, BMKG secara terus-menerus memantau aktivitas seismik dan mengimbau masyarakat agar selalu waspada. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS