Gempa Guncang Konawe Selatan dan Terasa Hingga Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 07 Agustus 2024
0 dilihat
Gempa Guncang Konawe Selatan dan Terasa Hingga Kendari
Kota Kendari merasakan gempa yang berpusat di wilayah Ranomeeto Konawe Selatan . Foto: Erni Yanti/Telisik

" Gempa bumi tektonik dengan magnitudo atau kekuatan 3,1 skala Richter mengguncang wilayah Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Rabu (7/8/2024) petang "

KENDARI, TELISIK.ID - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo atau kekuatan 3,1 skala Richter mengguncang wilayah Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Rabu (7/8/2024) petang.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan titik gempa terletak pada koordinat 4.02  LS, 122.46 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2,4 km Barat Laut Ranomeeto.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, mengatakan jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Barat Laut Ranomeeto.

Baca Juga: Puluhan Siswa SMP Taklukkan Kendari dengan Jalan Kaki 30 Km

Adapun dampak guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di Kendari II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Kemudian Konawe Selatan III MMI.(Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Rudin.

Sampai pukul 19:10 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak terjadi aktivitas gempa susulan.

Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Sementara kepala BMKG Kota Kendari, Sugeng Widarko, mempersilakan masyarakat mengakses website resmi BMKG untuk memperoleh lebih jelas informasi terkait cuaca maupun gempa.

Baca Juga: Momen Kapolda Rangkul Tokoh Paguyuban Kesukuan se-Sulawesi Tenggara

“Nanti ke depan agar lebih cepat tahu (informasi cuaca dan gempa) bisa ke alamat ini (secara) realtime https://inatews.bmkg.go.id/,” kata Sugeng melalui aplikasi perpesanan WhatsApp kepada telisik.id.

Gempa yang mengguncang Ranomeeto juga dirasakan warga Kendari, Deby. Dia mengatakan merasakan kekuatan getaran meski tidak terlalu kuat.

“Saya rasa tadi tapi tidak terlalu kencang, saya kira bukan gempa tapi banyak yang story (cerita, red) kalau ada gempa,” kata Deby. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga