Generasi Z di Wawotobi Asah Kemampuan Kritis, Siap Jadi Pemilih Cerdas

Nur Fauzia

Reporter

Rabu, 23 Oktober 2024  /  10:45 am

Peserta sekolah kebangsaan di SMA 1 Wawotobi. Foto: Ist

WAWOTOBI, TELISIK.ID – Remaja di Wawotobi semakin siap menghadapi Pemilu 2024. Dalam upaya meningkatkan kesadaran politik dan literasi digital, SMA Negeri 1 Wawotobi baru saja menggelar program Sekolah Kebangsaan pada Senin (22/10/2024).

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Tular Nalar, dengan dukungan dari Love Frenkie dan Google.org, yang berfokus pada literasi digital dan demokrasi.

Sebanyak 100 siswa kelas XII berkumpul untuk belajar menjadi pemilih yang cerdas dan aktif, serta memahami pentingnya literasi digital di era informasi yang bergerak cepat, khususnya dalam mengenali berita bohong atau hoaks.

Baca Juga: Kapolres Konawe Selatan Bakal Pulihkan Hak Guru Honorer Supriyani dan Anak Polisi

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMA 1 Wawotobi, Jusmar, yang mengingatkan siswa berusia 17 tahun agar menjadi pemilih cerdas dan berperan aktif dalam pemilu.

Ramadhan Riski Pratama, SH, dari KPU Konawe, juga hadir memberikan wawasan tentang pentingnya partisipasi generasi muda dalam demokrasi.

“Suara kalian sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa,” ucapnya, memotivasi para siswa.

Acara ini turut dikelola oleh Fera Tri Susilawaty sebagai PIC acara dan Jumrana dari Mafindo, yang memastikan kelancaran jalannya kegiatan.

Baca Juga: Dua Penyelam Temukan Mayat di Pelabuhan Usuku Tomia

“Kegiatan ini bertujuan membekali generasi muda dengan keterampilan berpikir kritis, agar mereka tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang menyesatkan,” jelas Fera.

Melalui pelatihan ini, para siswa diharapkan menjadi agen perubahan di lingkungan mereka, menyebarkan informasi yang benar dan mendorong teman-teman sebaya untuk ikut serta dalam pemilu.

Program ini merupakan bagian dari rangkaian pelatihan nasional yang akan diadakan di 37 provinsi, bertujuan mempersiapkan pemilih pemula menghadapi Pemilu 2024. (C)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS