Gregoria Mariska Tanjung Dipastikan Absen dari Tur Asia 2024

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 18 Agustus 2024  /  1:23 pm

Gregoria Mariska Tanjung dipastikan absen di Japan Open dan Korea Open 2024 setelah terkena penyakit cacar. Foto: Repro PP PBSI

JAKARTA, TELISIK.ID - Gregoria Mariska Tunjung, andalan Indonesia di sektor tunggal putri, dipastikan absen dari Tur Asia 2024 setelah dinyatakan terinfeksi virus cacar air. Kabar ini menjadi pukulan telak bagi tim bulu tangkis Indonesia, mengingat Gregoria baru saja meraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024.

PBSI mengonfirmasi bahwa Gregoria sudah merasa tidak enak badan sejak Jumat, 16 Agustus, dan akhirnya harus menjalani perawatan intensif di RS Medistra, Jakarta, keesokan harinya. Dengan kondisi ini, Gregoria terpaksa mundur dari Japan Open 2024 dan Korea Open 2024.

Ketidakhadiran Gregoria tentu menjadi kehilangan besar, baik bagi dirinya maupun tim Indonesia. Ia tak hanya absen di dua turnamen penting tersebut, tetapi juga batal ikut serta dalam perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Ibukota Nusantara.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh PBSI, Dokter Pelatnas PP PBSI Tjahyadi Soegiono menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan laboratorium mengonfirmasi Gregoria terinfeksi virus varicella, yang lebih dikenal sebagai cacar air. Infeksi ini memaksanya untuk beristirahat total dan fokus pada pemulihan agar bisa segera kembali ke lapangan.

Baca Juga: Klasemen Akhir Olimpiade Paris 2024, Indonesia Posisi ke-49 Nomor Dua di ASEAN

“Dari hasil lab berupa pemeriksaan darah yang telah dilakukan, bahwa Gregoria mengalami infeksi virus dan dinyatakan terkena penyakit varicella (cacar air)," kata Tjahyadi, Sabtu (18/8/2024) seperti dilansir dari antaranews.com.

Sementara mengutip Tempo, mundurnya Gregoria dari Japan Open 2024 otomatis membuat Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di turnamen tersebut. Meski merasa kehilangan rekan satu timnya, Ester tetap optimis dan bersemangat untuk memberikan penampilan terbaiknya.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gregoria Raih Medali Perunggu Bagi Indonesia

Japan Open 2024 akan menjadi debut Ester di turnamen ini, dan ia bertekad untuk tampil maksimal demi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Sayang Kak Grego batal tampil. Meskipun begitu saya akan tetap semangat. Apalagi ini turnamen pertama saya di Japan Open. Saya akan tampil ngotot,” ujar Ester penuh keyakinan.

Japan Open 2024 yang akan digelar di Tokyo, merupakan salah satu turnamen bergengsi dalam kalender bulu tangkis dunia. Para pemain papan atas dari berbagai negara akan berlaga memperebutkan total hadiah sebesar USD 850 ribu. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS