Hari Ini, Planet Mars Sangat Dekat dengan Bumi

Musdar

Reporter

Selasa, 06 Oktober 2020  /  10:28 am

Mars dan bumi. Foto: Repro Google.com

KENDARI, TELISIK.ID - Hari ini, 6 Oktober 2020, Planet Mars berada dekat dengan bumi.

Jarak planet merah ini 62,1 juta kilometer jauhnya dari bumi dan ini akan menjadi momen terdekat dengan bumi selama 15 tahun ke depan.

Melansir laman Science Alert, dari Tagar.id Senin, 5 Oktober 2020, para astronom menyarankan untuk melakukan pengamatan bintang karena mars akan terlihat cerah, besar, dan mudah dilihat karena berada di wilayah langit malam dengan sedikit bintang.

Tidak hanya itu, jika beruntung, kita juga dapat melihat planet jupiter dan saturnus  yang bersinar terang dekat cakrawala.

Pertemuan terdekat mars dengan bumi terjadi ketika bumi berada paling jauh dari matahari (aphelion) dan mars berada paling dekat matahari (perihelion).

Baca juga: Masyarakat BTN Triloka Tunggala Tuntut Pengembang, DPRD Selesaikan dalam RDP

Pada titik ini jarak keduanya paling dekat sekitar 54,6 kilometer. Kedua planet ini memang terkadang bisa sangat dekat satu sama lain karena berada pada orbit yang sedikit elips.

Momen kedekatan jarak antara mars dengan bumi ini biasanya terjadi setiap dua tahun atau lebih. Pendekatan terdekat terjadi pada 2003 dengan hanya 57,7 juta kilometer jarak antara kedua planet ini. Pada 2018 juga sempat berdekatan kembali dengan jarak sekitar 57,6 juta kilometer.

Bumi dan mars kembali menjauh satu sama lain hingga tahun 2029 dan akan kembali berdekatan pada 2035, dengan jarak sekitar 56,9 juta kilometer. Jarak terjauh antara keduanya bisa mencapai 401 juta kilometer, dimana posisi bumi dan mars berada di sisi berlawanan dari matahari dan keduanya berada di aphelion masing-masing. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TOPICS