Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20: Timnas Indonesia Sikat Maladewa 4-0 dan Pimpin Klasemen

Merdiyanto

Content Creator

Kamis, 26 September 2024  /  1:42 am

Kapten Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas (kiri), berebut bola dengan pemain Maladewa, Thatthai, penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam. Foto: Antara.

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-20 menang telak 4-0 atas Maladewa U-20 pada matchday pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F yang dihelat di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia U-20 berhasil meraih kemenangan 4-0 melalui gol yang dilesatkan oleh Aditya Warman pada menit ke-52, Figo Dennis (54’), Toni Firmansyah (57’), dan Jens Raven (65’).

Hasil ini untuk sementara menempatkan Timnas Indonesia U-20 memimpin klasemen Grup F dengan poin 3. Tempat kedua diduduki Yaman juga dengan poin 3, setelah di pertandingan pembuka grup menang 3-1 atas Timor Leste.  

Jalannya pertandingan

Indonesia langsung melancarkan serangan melalui sisi kanan lewat Mufli Hidayat pada menit pertama, namun pertahanan Maladewa berhasil menggagalkannya.

Riski Afrisal mendapat peluang emas pada menit ke-3 saat menerima umpan terobosan di kotak penalti. Namun, terlalu terburu-buru, ia sebaliknya melakukan pelanggaran dan membuat Indonesia kehilangan kesempatan mencetak gol.

Indonesia hampir membuka keunggulan pada menit ke-8 melalui situasi bola mati. Toni Firmansyah mengirimkan tendangan penjuru yang mengarah ke tiang jauh.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Maladewa

Dalam situasi yang kacau di kotak penalti, Ezzi Buffon berusaha merebut bola bersama pemain Indonesia lainnya. Sial bagi Maladewa, tendangan Buffon justru melambung tipis di sisi kiri gawang mereka.

Setelah menemukan celah di pertahanan Maladewa, Indonesia U-20 langsung mengubah tempo permainan. Serangan yang lebih cepat dengan kombinasi operan satu-dua diterapkan.

Tak lagi mengandalkan kedua sisi sayap, Tim Garuda kini lebih sering menusuk dari tengah lapangan untuk menembus pertahanan lawan.

Pada menit ke-16, Jens Raven hampir saja mencetak gol. Ia melihat peluang emas ketika bola liar berada di kotak penalti Maladewa. Namun, ia terlambat untuk mengejar bola yang sudah lebih dulu keluar lapangan. Indonesia hanya mendapatkan tendangan sudut dari situasi tersebut.

Iqbal Gwijangge berhasil mematahkan serangan berbahaya kapten Maladewa, Shanaan Rashaad, dengan tekel sempurna di sisi kanan pada menit ke-23, menyelamatkan gawang Indonesia dari ancaman.

Dengan refleks yang cepat, Ikram Al Giffari berhasil menepis sontekan kaki kanan Shanaan Rashaad pada menit ke-31, menyelamatkan gawang Indonesia dari ancaman gol setelah menerima umpan silang mendatar.

Dony Tri Pamungkas hampir membawa Indonesia unggul pada menit ke-35, namun tendangan kerasnya membentur tiang kanan gawang Maladewa. Serangan berikutnya dari Indonesia pun langsung dihalau pertahanan lawan.

Indonesia terus memberikan tekanan kepada Maladewa. Usaha Mufli Hidayat untuk memecah kebuntuan pada menit ke-42 dengan tembakan dari depan kotak penalti masih bisa digagalkan oleh kiper Yaameen.

Pelanggaran yang dilakukan Ezzi Buffon terhadap Shanaan di sisi kanan pertahanan Indonesia memberikan peluang emas bagi Maladewa. Tendangan bebas dari posisi erbahaya mengancam gawang Indonesia.

Meskipun mendominasi pertandingan dengan banyak peluang emas, Timnas Indonesia U-20 hanya bisa imbang 0-0 melawan Maladewa pada babak pertama. Penyelesaian akhir yang kurang efektif menjadi kendala utama.

Memulai babak kedua dengan agresif, Timnas Indonesia U-20 langsung melancarkan serangan. Namun, upaya Toni Firmansyah dari sisi kiri belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-46, pelatih Indra Sjafri langsung melakukan pergantian tiga pemain sekaligus di awal babak kedua. Arlyansyah, Mufli, dan Afrisal ditarik keluar dan digantikan oleh Figo, Meshaal, dan Ragil.

Indonesia akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-52. Gol cantik Aditya Warman membawa Tim Garuda Muda unggul 1-0. Dengan tendangan placing kaki kanan yang akurat ke tiang jauh, Aditya berhasil menaklukkan kiper Yaameen dan membuat para pendukung Indonesia bersorak euforia.

Indonesia tak butuh waktu lama untuk menggandakan keunggulan. Hanya dalam waktu dua menit setelah gol pertama, Figo Dennis berhasil mencetak gol pada menit ke-54 dengan tendangan placing kaki kiri yang akurat.

Keunggulan Indonesia bertambah menjadi 3-0 pada menit ke-57. Tendangan bebas kaki kanan Toni Firmansyah dari sisi kiri yang seharusnya ditujukan kepada rekan setimnya justru berbelok arah dan langsung masuk ke gawang Maladewa.

Maladewa nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60. Peluang emas pertama mereka didapat dari tendangan Rasnan Mohamed yang masih bisa diblok oleh Ikram.

Bola rebound yang jatuh ke kaki Shanaan juga gagal menemui sasaran setelah dihalau oleh kombinasi apik Iqbal Gwijangge dan Ikram.

Indonesia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-65 melalui gol Jens Raven. Gol ini berawal dari sepak pojok Toni Firmansyah yang disontek Aditya Warman menuju tiang jauh.

Dengan sigap, Jens Raven yang sudah siap di sana langsung menyambar bola dan memasukkannya ke gawang. Kerja sama apik ketiga pemain ini semakin memperkokoh dominasi Indonesia.

Indonesia terus berupaya untuk memperbesar keunggulan. Namun, upaya Dony Tri untuk menciptakan peluang emas lewat umpan silang pada menit ke-78 berhasil digagalkan oleh Nawaf Fauzy.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Maladewa

Jens Raven hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-89. Sundulannya yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan hampir saja bersarang di gawang Maladewa, namun sayang bola hanya membentur sisi jala

Hingga peluit panjang, skor 4-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-20 tak berubah.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Maladewa:

Timnas Indonesia U-20 XI: Ikram Algiffari; Muhammad Mufli Hidayat, Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Muhammad Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas; Toni Firmansyah, Aditya Warman; Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Muhammad Riski Afrisal.

MaladewaU-20 XI: Mohamed Yaameen; Ahmed Nawaf Fauzy, Mohamed Aiman Ali, Ahzam Rasheed, Shanaan Rashaad, Ish Aafu Firagm Abdulla Looth Ibrahim, Rasnan Mohamed, Mohamed Aiham Anwar, Muzdhan Hassan, Mohamed Shamhaan. (B)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS