HP Meledak di Pesawat Lion Air Tujuan Kupang-Surabaya, Cabin Karpet Terbakar

Berto Davids

Reporter Kupang

Senin, 27 Februari 2023  /  7:55 am

HP milik penumpang meledak dalam pesawat Lion Air tujuan Kupang-Surabaya, di Bandara El Tari, Kupang. Foto: Ist.

KUPANG, TELISIK.ID - Sebuah insiden terjadi di Bandara El Tari Kupang, Minggu (26/2/2023). Sebuah Handphone (HP) milik seorang penumpang bernama Aprianto Nahak (26) meledak dalam pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 693 tujuan Kupang-Surabaya.

Insiden meledaknya HP tersebut membuat cabin karpet dalam pesawat itu terbakar. Pihak maskapai pun langsung menunda sementara penerbangan ke Surabaya.

Humas Angkasa Pura I Kupang, Devi Budihanyani kepada Telisik.id menjelaskan bahwa insiden yang terjadi dalam pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 693 itu membuat semua penumpang panik.

Saking paniknya, kata dia, sebagian penumpang membuka pintu darurat untuk menyelamatkan diri dan sebagian lainnya diarahkan pramugari untuk kembali turun menunggu di ruang tamu.

"Memang semuanya panik. Beruntung insidennya tidak terlalu mengerikan," kata Devi, Minggu (26/2/2023) malam.

Ia pun menceritakan kronologis awal insiden meledaknya HP milik seorang penumpang itu.

Baca Juga: Sempat Mengudara, Pesawat Garuda Tujuan Kendari Tak Bisa Mendarat

Pada pagi hari Pukul 05.45 Wita, kata Devi, para penumpang Lion Air melaksanakan boarding melalui gate 1 Bandara El Tari.

Kemudian pada saat pesawat push back, HP milik Aprianto Nahak yang duduk di kursi 9D meledak dan mengakibatkan kebakaran cabin karpet.

"Saat itu semua penumpang panik dan bergegas menyelamatkan diri karena melihat asap mengepul," ujar Devi.

Pasca insiden itu, sambung Devi, Komandan Lanud El Tari Kupang langsung turun ke lokasi mengecek dan melihat kondisi pesawat dan para penumpang. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya cabin karpet saja yang terbakar.

"Penerbangan menuju Surabaya juga langsung ditunda sambil menunggu pihak maskapai menggantikan pesawat," terang Devi.

Sementara itu pemilik HP, Aprianto Nahak kepada Telisik.id menjelaskan, sebelum meledak, HP tersebut ia simpan dalam saku celana. Karena terasa panas ia pun mengeluarkan HP itu dan membuangnya ke cabin karpet.

Setelah dibuang ke cabin karpet, HP tersebut ternyata mengeluarkan asap. Ia pun kaget dan berusaha menginjak-injak HP itu untuk mematikan asap.

Namun, HP itu terus mengeluarkan asap bercampur api dan langsung membakar cabin karpet.

"Dalam saku celana saya rasa panas dan akhirnya saya pun membuang HP itu ke lantai cabin karpet untuk menginjaknya. Seketika itu langsung meledak. Akibatnya tangan kiri saya ikut melepuh," tutur Aprianto.

Baca Juga: Viral: Penumpang Pesawat Kenalan sama Pramugari Berujung Naik Pelaminan

Sementara itu Coorporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden ini.

Saat ini, handphone tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan.

Menurutnya, Lion Air sebagai maskapai yang berkomitmen terhadap keselamatan penumpang, tidak akan berspekulasi mengenai penyebab terbakarnya handphone di pesawat, hingga proses penyelidikan sesuai dengan regulasi penerbangan selesai dilakukan. (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS