Jangan Tinggalkan 3 Doa Ini saat Sujud

Haerani Hambali

Reporter

Rabu, 08 Februari 2023  /  9:45 pm

Berdoa saat sujud dalam salat, sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena saat sujud seorang hamba menjadi sangat dekat dengan Allah SWT. Foto: Repro Ayomedan.com

KENDARI, TELISIK.ID - Doa merupakan salah satu cara umat Islam berkomunikasi dengan Allah SWT. Banyak manfaat yang akan dirasakan saat berdoa. Berdoa juga baiknya dilakukan saat waktu-waktu mustajab.

Rasulullah SAW bersabda:

“Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, ketika kita dalam keadaan lapang.” (HR Al-Hakim).

Berdoa saat sujud (umumnya dilakukan saat sujud terakhir) dalam salat, sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW,  karena saat sujud seorang hamba menjadi sangat dekat dengan Allah SWT.

Baca Juga: Tanda Kiamat Ini Telah Terjadi di 2023

Rasulullah SAW bersabda, "Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa pada-Nya, karena pantas untuk dikabulkan doamu," (HR. Muslim No. 479).

Anjuran berdoa di saat sujud, tercatat dalam hadis HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i.

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu,’” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i).

Doa saat sujud dibaca setelah selesai membaca doa sujud Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali) Artinya: Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi (HR. Muslim dan Abu Daud).

Dikutip dari Muslimterkini.com, berikut ini 3 doa saat sujud yang dapat Anda baca dan amalkan setiap salat.

1. Doa husnul khatimah

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya : "Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah."

2. Doa taubat

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat."

Baca Juga: Salat Dua Rakaat yang Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

3. Doa ditetapkan hati dalam islam

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Dilansir dari Dream.co.id, doa saat sujud insyaAllah dikabulkan Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ras berikut:

"Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 479].

Melalui hadis di atas menjelaskan bahwa umat Islam haruslah bersungguh-sungguh ketika menjalankan setiap gerakan salat. Tak terkecuali saat sedang sujud haruslah bersungguh-sungguh. Karena di waktu itulah, manusia berada paling dekat dengan Allah SWT. Jadi, jika bersungguh-sungguh dalam berdoa, insya Allah akan dikabulkan Allah SWT. (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS