Jokowi Sebar 68 Ekor Sapi di Tanah Air, Prabowo Borong Sapi Kurban Ukuran Monster Harga Setengah Miliar Tanpa Nego

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 15 Juni 2024  /  1:41 pm

Sapi dengan kualitas terbaik yang disiapkan Jokowi, dan sapi ukuran jumbo diborong Prabowo. Foto: Repro Liputan6.com

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo menyerahkan 68 ekor sapi pada perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M. Seluruh hewan kurban disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, namun hal menarik datang dari Prabowo, ia menyiapkan sapi dengan ukuran dan harga fantastis.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa semua provinsi mendapatkan satu sapi, termasuk Otorita IKN. Dia menambahkan bahwa sapi-sapi yang diserahkan memiliki bobot sekitar 800 kg hingga 1 ton, dikutip dari sindonews.com, Sabtu (15/6/2024)

Berdasarkan data yang dihimpun, sapi yang diserahkan Presiden Jokowi terdiri dari berbagai jenis seperti simmental, peranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

Distribusi 68 ekor sapi tersebut meliputi 38 ekor untuk setiap pemerintah provinsi di seluruh Indonesia, satu ekor untuk Masjid Istiqlal, dan satu ekor untuk Otorita IKN. Selain itu, Masjid tempat Presiden Jokowi akan melaksanakan salat Idul Adha juga akan menerima satu ekor sapi.

Baca Juga: Deretan Kasus Korupsi Tanah Air dengan Kerugian Terbesar Sepanjang Sejarah, Negara Bobol hingga Ratusan Triliun

Sisa 27 ekor lainnya diserahkan kepada tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Pemprov Kaltim serta masjid dan pondok pesantren yang berdekatan dengan IKN.

Heru menekankan pentingnya kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Peternakan untuk memastikan kondisi sapi-sapi dalam keadaan baik sebelum diserahkan. Hal ini dilakukan melalui proses pemilihan yang ketat dan pemeriksaan kesehatan untuk menghindari penyakit.

Sementara itu, dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, Prabowo Subianto, presiden terpilih, kembali mengorbankan sapi pada momen Idul Adha 2024 ini. Sapi kurban milik Prabowo menjadi sorotan karena ukurannya yang tak biasa dan harganya yang hampir mencapai Rp 1 miliar.

Melalui akun Instagram @jagadtaani, diketahui bahwa Prabowo akan mengorbankan sapi Douglas yang memiliki bobot hingga 1,3 ton.

Pada tahun sebelumnya, Prabowo juga menarik perhatian dengan jumlah sapi kurbannya yang mencapai 32 ekor. Sapi-sapi tersebut dikurbankan untuk warga di sekitar kediamannya di Hambalang.

Fakta menarik mengenai sapi kurban Prabowo termasuk harganya yang mencapai setengah miliar rupiah. Sapi jenis Douglas Angus hitam ini dibeli dari Lestari Farm dengan harga Rp 500 juta tanpa negosiasi.

Baca Juga: Kemenkumham Komit Kembangkan Kekayaan Intelektual sebagai Motor Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sapi berusia enam tahun ini merupakan jenis Angus atau Aberdeen Angus yang berasal dari Skotlandia. Ciri khas sapi ini adalah bulunya yang keriting berwarna hitam, tidak memiliki tanduk, dan tidak berpunuk.

Sapi pilihan Prabowo terkenal akan kualitas dagingnya yang empuk dan padat. Jenis sapi ini memang tidak diperuntukkan sebagai sapi perah sehingga dipelihara khusus untuk memiliki daging yang berkualitas tinggi.

Selain Sapi Douglas, Prabowo juga membeli enam sapi monster lainnya dari MD Farm Sukabumi. Sapi-sapi tersebut terdiri dari jenis Limousin, Brangus, dan Simental dengan berat rata-rata mencapai 6 ton. Keempat sapi ini akan disembelih di Sukabumi.

Damar, petugas di MD Farm, mengungkapkan bahwa lapaknya sudah dipercaya oleh Prabowo sejak tahun 2019. Kepercayaan ini tidak terlepas dari kualitas dan layanan yang konsisten dari MD Farm dalam menyediakan sapi-sapi berkualitas tinggi untuk keperluan kurban Prabowo. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS