Jordi Amat Absen Jelang Lawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Merdiyanto

Content Creator

Selasa, 15 Oktober 2024  /  6:51 am

Jordi Amat dipastikan absen membela Timnas Indonesia saat melawan China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia karena mengalami cedera ankle. Foto: Repro goal.com

BEIJING, TELISIK.ID - Pemain belakang Timnas Indonesia, Jordi Amat, dipastikan tidak bisa memperkuat skuad Garuda jelang melawan China dalam lanjutan putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selasa (15/10/2024).

Jordi, yang menepi saat menghadapi Arab Saudi dan Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, harus kembali absen akibat cedera ankle.

Jordi harus kembali ke klub untuk menjalani perawatan lanjutan setelah mengalami cedera ankle saat pertandingan melawan Bahrain pada Kamis lalu.

Hal ini diketahui setelah sesi makan siang tim pada Senin (14/10/2024), Jordi secara resmi berpamitan meninggalkan pemusatan latihan lebih dulu. Keputusan ini diambil mengingat kondisi cederanya yang memerlukan perawatan intensif.

“Dengan berat hati, saya harus meninggalkan tim lebih cepat. Karena saya akan berfokus ke pemulihan lagi. Artinya, saya tidak bisa bermain untuk tim melawan Tiongkok nanti,” ujar pemain Johor Darul Ta’zim itu, dilansir dari laman PSSI.org, Selasa (15/10/2024).

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Bahrain: Skuad Garuda Kembali Raih Hasil Imbang

“Namun saya akan mendukung dan mendoakan yang terbaik bagi tim kita. Saya berharap kita bisa meraih kemenangan dan semoga saya bisa bergabung lagi dengan tim di bulan depan,” tambahnya.

Jordi menjadi starter saat Indonesia menghadapi Bahrain, Kamis (10/10/2024). Namun pemain bernomor punggung 4 ini ditarik keluar usai turun minum. Ia digantikan Rizky Ridho pada babak kedua.

Tentunya, ini menjadi kabar buruk bagi skuad Garuda. Pasalnya, dalam laga tandang kali ini Timnas Indonesia membawa misi untuk membawa pulang kemenangan.

Meski demikian, skuad Garuda memiliki kedalaman di lini belakang yang cukup baik, sehingga absennya Jordi dapat ditutupi oleh pemain lain.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa cedera yang dialami Jordi Amat sebenarnya sudah lama dan kambuh kembali. Untuk itu, tim pelatih menyarankan agar Jordi fokus pada pemulihan.

Selesai itu, masih ada beberapa pemain yang belum dipastikan apakah bisa bermain pada pertandingan hari ini, seperti dikutip dari bolasport.com, Selasa (15/10/204).

"Beberapa pemain mengalami cedera jangka panjang. Terutama cedera pergelangan kaki Amat, yang cenderung memburuk saat latihan. Belum dapat dipastikan apakah para pemain yang cedera tersebut dapat bermain," kata Shin Tae-yong.

Pelatih berusia 54 tahun itu menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap kondisi tim.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Timnas Indonesia vs Bahrain

Indonesia hampir mengunci kemenangan saat bertandang ke Bahrain. Namun, kemenangan yang sudah di depan mata sirna setelah mereka kebobolan di menit-menit akhir.

Mengamankan tiga poin penuh saat melawan China adalah tujuan utamanya. Untuk itu, dia ingin menghindari kesalahan yang sama seperti sebelumnya.

"Kami semua akan secara aktif mempersiapkan diri dan mempertahankan tingkat konsentrasi yang tinggi. Kami secara aktif merefleksikan dan mempelajari pelajaran dari masa lalu. Kami harap akan membantu kami di pertandingan-pertandingan mendatang," tutupnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan memainkan laga keempat melawan China di Stadion Qingdao Youth Football. Tim asuhan Shin Tae-yong mengincar tiga poin perdana untuk memperbaiki posisi di klasemen Grup C. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS