Ketua TP PKK Buton Selatan Ikuti Program Kreativitas Motif Sasaringan Kain Khas Banjarmasin

Ali Iskandar Majid

Reporter

Kamis, 19 September 2024  /  6:40 pm

Ketua TP PKK Buton Selatan, Iffah Insyirah Parinringi Mukti sesaat mengikuti Program Ladies pada Kongres VI JKPI Banjarmasin 2024. Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Buton Selatan

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebagai rangkaian Kongres VI JKPI 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Buton Selatan, Iffah Insyirah Parinringi Mukti, mengikuti program Ladies Program yang mengajarkan pembuatan motif Sasaringan, kain khas Banjarmasin.

Iffah sangat antusias mengikuti program ini, yang menawarkan edukasi tentang budaya lokal. “Kami sangat senang diundang untuk mengetahui produk dan kebudayaan di Kota Banjarmasin,” ujarnya, Kamis (19/9/2024).

Program ini diharapkan dapat diterapkan di daerah lain di Indonesia, termasuk Buton Selatan, untuk mempromosikan budaya dan tradisi lokal.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Hadiri JKPI 2024 di Banjarmasin

Baca Juga: Produksi Kaopi Ku Terhambat Sengketa Gedung, KWT Desa Bola Minta Kejelasan

Iffah mengungkapkan, pembuatan motif Sasaringan menggunakan teknik tradisional dengan pewarnaan alami, yang memberikan pengalaman baru dan berharga bagi dirinya.

Metode pembuatan motif ini cukup sederhana, menggunakan daun yang dipetik dari lingkungan sekitar. Dedaunan tersebut ditumbuk dengan palu kayu untuk menciptakan motif dan warna alami di kain polos.

“Melukis melalui ecoprint adalah pengalaman baru bagi kami, yang tentunya tidak akan terlupakan,” tambah Iffah. (Adv/C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS