Kisah Roslina, Rasakan Manfaat Layanan Kesehatan Tanpa Diskriminasi

Sigit Purnomo

Reporter

Rabu, 15 Januari 2025  /  2:16 pm

Kisah Risalina yang merasakan manfaat layanan kesehatan tanpa diskriminasi melalui program JKN. Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Kisah Roslina (43), seorang ibu rumah tangga asal Kabupaten Konawe Utara, baru-baru ini merasakan manfaat nyata dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Rosalina bercerita saat berkunjung ke rumah saudaranya, ia mendadak mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Dukungan dari Program JKN melalui pelayanan kesehatan yang diberikan melalui fasilitas kesehatan menjadi salah satu pengalaman berharga baginya.

Ketika berada di rumah keluarga di Kecamatan Abeli Kota Kendari, Roslina tiba-tiba merasa badannya lemas, disertai demam tinggi dan nyeri perut hebat.

“Perut saya terasa begah dan melilit, rasa sakitnya benar-benar tak tertahankan,” ungkap Roslina.

Tak ingin mengambil risiko, putrinya, Ulfa (23), segera membawanya ke Rumah Sakit Aliyah 1, yang terletak tak jauh dari lokasi mereka.

Setibanya di rumah sakit pada malam itu, Roslina langsung ditangani oleh tim medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Ulfa mengungkapkan rasa lega atas respons cepat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Rangkul Stakeholders Wujudkan Ekosistem JKN Tanpa Kecurangan

“Ibu saya langsung diberikan obat pereda nyeri dan infus. Setelah itu, dokter spesialis segera melakukan pemeriksaan lanjutan. Penanganannya sangat cepat, tidak menunggu lama,” kata Ulfa saat menemani sang ibu.

Tak hanya itu, Roslina juga merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan di rumah sakit tersebut. Setelah mendapatkan perawatan di IGD, ia langsung dipindahkan ke ruang perawatan.

“Kami juga tidak menunggu lama untuk mendapatkan kamar. Ruangannya sejuk dan bersih, membuat kami merasa lebih tenang selama proses pemulihan,” ujar Ulfa.

Tiga hari menjalani perawatan, kondisi Roslina mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan. Nyeri perut yang sebelumnya membuatnya sulit bergerak perlahan mereda, dan demamnya juga mulai stabil.

“Kondisi saya sekarang jauh lebih baik. Saya merasa lebih tenang, dan perut saya tidak lagi sakit seperti sebelumnya,” ujar Roslina.

Sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Roslina merasa bersyukur dengan kemudahan akses yang ia dapatkan. Ia mengapresiasi layanan Program JKN yang menurutnya tidak membedakan peserta berdasarkan segmen.

“Walaupun saya penerima bantuan iuran dari pemerintah, saya benar-benar merasa dilayani dengan sangat baik. Pelayanannya tidak ada bedanya dengan peserta lain, semua sama adil pokoknya,” katanya.

Roslina menambahkan, Program JKN ini sangat meringankan beban keluarganya.

“Kalau tidak ada Program JKN, saya tidak tahu berapa banyak biaya yang harus kami keluarkan untuk pengobatan say aini, namun dengan program ini saya bisa lebih fokus pada kesembuhan tanpa perlu memikirkan biaya rumah sakit,” ungkapnya.

Ulfa turut memberikan pandangannya tentang pentingnya keberlanjutan Program JKN.

Baca Juga: Kisah Asriani: Program JKN Tanggung Biaya Operasi Usus Buntu Anak di RS Bahteramas

“Program ini sangat membantu masyarakat, terutama yang membutuhkan. Di luar sana pasti banyak masyarakat yang sangat membutuhkan program ini, saya berharap JKN terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik seperti yang kami rasakan ini,” tuturnya.

Layanan cepat dan berkualitas yang diterima Roslina mencerminkan keberhasilan Program JKN dalam memberikan manfaat nyata kepada pesertanya, khususnya yang ia rasakan sendiri.

“Ini adalah sebuah pencapaian Pemerintah dan BPJS Kesehatan dengan adanya program yang mulia ini,” ungkapnya dengan senyum.

Mulai dari masuk IGD hingga mendapatkan perawatan di ruang inap, Roslina merasakan pelayanan yang baik, sama seperti peserta lainnya. Pengalaman ini menjadi salah satu contoh bagaimana Program JKN memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Ulfa menaruh harapan keberlanjutan program ini, karena dinilainya manfaat harus dirasakan oleh masyarakat luas. Dengan mengutamakan pelayanan yang mudah, cepat dan setara, BPJS Kesehatan terus memberikan pelayanan terbaik. (D-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TOPICS