Lewat IKN, Indonesia Bakal Punya Tol Bawah Laut Terdalam di Dunia

Fitrah Nugraha

Reporter

Jumat, 12 Agustus 2022  /  6:37 pm

Lokasi Titik Nol di IKN diubah jadi lebih cantik. Foto: Repro Antara

JAKARTA, TELISIK.ID - Berbagai fasilitas mewah akan ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satunya adalah Tol Bawah Laut.

Bahkan proyek Tol Bawah Laut di IKN ini nantinya digadang-gadang akan menjadi yang terdalam di dunia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai acara National Stakeholders Forum 2nd Announcement of 10th World Water Forum (WWF) di Jakarta, pada Kamis (11/8/2022).

"Kami lihat di Korea (Selatan), di sana ada immersed tunnel, bukan terowongan di bawah laut ya, teknologinya beda. Kalau terowongan kan membuat lubang, kalau ini seperti dibuat di darat terus dicemplungin atau ditenggelamkan, dan terdalam di dunia," tegas Basuki, dikutip dari Kompas.com.

Kendati demikian, Basuki tak menyebutkan secara pasti berapa kedalaman dari proyek tol bawah laut di bakal ibu kota baru Indonesia tersebut.

Hanya saja, proyek tersebut sudah ada feasibility study-nya (FS) atau studi kelayakannya, serta sedang proses desain.

Namun, Basuki menyebutkan bahwa panjang dari infrastruktur tersebut mencapai 1,5 kilometer.

Baca Juga: Profil Mukti Agung Wibowo, Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Basuki melanjutkan, proyek ini akan dibangun setelah pelelangan proyek jalan tol dari KM 11 Balikpapan-Samarinda ke arah Jembatan Pulau Balang.

Dari Jembatan Pulau Balang ke IKN, terdapat kawasan bekantan. Sehingga, perlu dilindungi dan dia berharap agar proyek tersebut tidak mengganggu lingkungan.

Sehingga, dia memperkirakan, tender (lelang) proyek tol bawah laut IKN bakal dilaksanakan tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Kementerian PUPR mengungkapkan, kebutuhan biaya untuk membangun jalan tol bawah laut di IKN Nusantara sekitar Rp 4 triliun per km.

Baca Juga: Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Terjaring OTT KPK

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan, hanya akan membangun terowongan bawah laut di jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN itu sepanjang 1,5 km.

"Biayanya Rp 4 triliun per km, yang mau dibuat immersed tunnel 1,5 km itu yang di atasnya bekantan itu, untuk konservasi habitat bekantan," ungkapnya, dikutip dari bisnis.com. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin