Menkominfo Natal di Kampung Halaman Reok Nusa Tenggara Timur, Umat Sampaikan Harapan

Berto Davids

Reporter Kupang

Minggu, 25 Desember 2022  /  9:32 pm

Menkominfo RI, Johni Plate saat membawakan sambutan natal di Gereja St Maria Ratu Rosari Reo. Foto: Berto Davids/Telisik

MANGGARAI, TELISIK.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhoni Plate bersama keluarga merayakan natal di kampung halamannya Reok, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (25/12/2022).

Selain rencana menggelar open house, Menteri Jhoni dan keluarga juga menghadiri langsung perayaan misa natal bersama umat katolik di Gereja Paroki St Maria Ratu Rosari Reo.

Usai perayaan misa, ketua DPP Reo, Pius Jemadu menyampaikan ucapan selamat hari raya natal kepada seluruh umat katolik Paroki Reo, lebih khusus kepada Menkominfo RI dan keluarga yang telah mengikuti perayaan misa kelahiran sang juru selamat ini bersama umat.

Baca Juga: Pasca Bencana Pemkab Kolaka Utara Turap Tepi Sungai Latawaro

"Selamat natal untuk kita semua, semoga bayi Yesus senantiasa tinggal di palungan hati kita masing-masing. Semoga Yesus yang lahir bisa menjadi sahabat kita, saudara kita. Bersyukur atas rahmat tuhan karena sampai hari ini kita sudah mempersembahkan diri secara total untuk memeriahkan natal tahun 2022," ungkap Pius.

Pada kesempatan itu, Pius juga menyampaikan harapan-harapan penting kepada Menkominfo RI terkait impian besar umat Paroki Reo pada tahun 2023.

Meski tidak secara langsung meminta untuk merenovasi gereja, Pius berharap rencana tersebut cepat terealisasi melalui bantuan Menkominfo RI.

"Kami berharap Pak menteri tetap setia membantu kami. Semoga rencana dan niat baik Pak menteri yang selama ini kami dengar bisa terealisasi tahun 2023," kata Pius diikuti tepuk tangan meriah.

Di hadapan Menkominfo, Pius juga menyampaikan total jumlah umat di wilayah Paroki Reo beserta KBG, Stasi maupun wilayah.

"Paroki Reo sendiri terdiri dari 114 KBG, 13 stasi dan 3 wilayah. Sedangkan jumlah jiwa sebanyak 10.467 yang terdiri dari 2215 KK" kata Pius.

Sementara jumlah lembaga pendidikan mulai dari TK/PAUD sampai SMA/SMK bervariasi. TK/PAUD berjumlah 8 dan SD berjumlah 12, sementara SMP berjumlah 7 dan SMA/SMK masing-masing berjumlah 1.

"Semoga tantangan dan cobaan tidak menghalangi orang-orang bijak untuk datang menyembah kristus sang emanuel. Begitu pun Pak menteri bisa merealisasikan niat baiknya untuk umat katolik Paroki Reo," ujar Pius disambut tepuk tangan riuh.

Sementara itu Menkominfo RI, Jhoni Plate saat diberi kesempatan membawakan sambutan menyampaikan ucapan selamat hari raya natal untuk semua umat katolik di Paroki Reok.

Ia mengatakan, natal tahun ini bersamaan dengan melandainya pandemi COVID-19, saat ini pemerintah terus berupaya menekan laju penularannya.

"Kasus COVID-19 di Indonesia sampai Desember 2022 lebih sedikit di banding tahun sebelumnya. Namun kewaspadaan tetap dilakukan sampai tahun 2023," kata Menteri Johni.

Melandainya kasus COVID-19 ini, kata Menteri Johni, merupakan hasil kerja sama semua pihak, baik dari pemerintah, TNI/Polri, petugas kesehatan, gereja maupun masyarakat.

Baca Juga: Belasan Rumah Warga di Buton Tengah Rusak Dihantam Gelombang

Terkait rencana dan niatnya merenovasi gereja, Menteri Johni mengatakan, niat itu bisa saja akan direalisasikan tahun 2023. Tetapi masih ada pertimbangan yang perlu dilewati.

"Bangun gereja tidak sama dengan bangun masjid. Kita harus mengikuti standar kanonik. Karena itu semua gambar tentang pembangunan gereja atau renovasi gereja ini diserahkan ke orang yang paham tentang itu," kata Menkominfo.

Ia juga menyentil terkait ancaman resesi tahun 2023 di mana perekonomian sangat memburuk, pengangguran meningkat maupun pertumbuhan ekonominya memburuk.

"Jadi tahun 2023 saya minta umat katolik tetap kuat dan bertahan pada situasi resesi tahun 2023. Negara sedang dalam keadaan guncang. Mudah-mudahan tidak terjadi," kata Menkominfo. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS