Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Dirawat Dua Pekan di Rumah Sakit

Ibnu Sina Ali Hakim

Reporter

Jumat, 01 Juli 2022  /  1:39 pm

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai jalani perawatan di rumah sakit. Foto: Dok. Setkab

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan beberapa hari ini di rumah sakit.

Dilihat Telisik.id di akun Twitter, informasi soal wafatnya Tjahjo Kumolo itu disampaikan juga oleh politisi PDI-P, Budiman Sudjatmiko lewat media sosialnya.

"Inalillahi wa'inailaihi roji'un, mas @tjahjo_kumolo...Turut berdukacita sangat. Moga2 husnul khotimah. Patriot sejati, banteng sejati dan Insya Allah wafat dalam keadaan iman & Islam," tulis Budiman di akun Twitternya.

Sebelumnya dilansir dari CNNIndonesia.com, Tjahjo masuk rumah sakit dan tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir. Demikian konfirmasi yang disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

"Benar (Tjahjo dirawat di rumah sakit), mohon dukungan doa untuk beliau agar cepat sembuh dan sehat kembali," kata Djarot.

Baca Juga: Usai Tinggalkan Ukraina, Jokowi Bawa Pesan Presiden Zelenskyy untuk Vladimir Putin

Baca Juga: Jadi Juru Damai Ukraina Dan Rusia, PW NU Jawa Timur Ajak Warga NU Doakan Presiden Jokowi

Sebagai informasi, Tjahjo adalah kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen. Dia mundur dari posisinya sebagai Sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan-RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Dia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali