Misteri Sembilan Naga jadi Penguasa Belakang Layar Tanah Air, Disebut Kendalikan Ekonomi

Ahmad Jaelani

Reporter

Selasa, 18 Juni 2024  /  2:23 pm

Deretan wajah-wajah yang disebut jadi kelompok 9 naga di Indonesia. Foto: Repro haloriau.com

JAKARTA, TELISIK.ID - Kelompok 9 Naga sudah seperti cerita legenda urban di Indonesia. Mereka disebut-sebut sebagai penguasa ekonomi di Tanah Air. Hingga saat ini sosoknya masih kerap menimbulkan tanda tanya.

Keberadaan 9 Naga hanyalah istilah, bukan kelompok usaha atau organisasi. Maka dari itu, tak heran jika timbul berbagai spekulasi.

Jejak awal dari 9 Naga setidaknya dapat ditarik sejak masa Orde Baru. Pada masa itu dikenal juga 'Gang of Nine' berkonotasi negatif dan seram. Investigasi Tempo pada tahun 2020 menyebut "9 Naga" atau Gang of Nine merujuk pada sekelompok orang yang menguasai bisnis remang-remang. Bisnis tersebut mencakup judi, obat bius, hingga penyelundupan, dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (18/6/2024).

Mereka memiliki bekingan kuat yang membuat sepak terjangnya tak tersentuh untuk memuluskan bermain di bisnis gelap. Namun, tidak diketahui pasti siapa orang-orangnya. Beberapa nama pengusaha seperti Aguan, Haryadi Kumala, Iwan Cahyadi, Yorrys, Arief Cocong, Edi Porkas, Arie Sigit, Jony Kusuma, dan Tommy Winata disebut sebagai kelompok Gang of Nine.

Meski demikian, lagi-lagi itu hanyalah spekulasi publik. Beberapa di antara mereka pun sudah memberi bantahan. Seiring berjalannya waktu, 9 Naga memiliki arti yang lebih netral, yakni sebutan untuk para pengusaha penguasa ekonomi Indonesia sejak masa Orde Baru.

Baca Juga: Tak Lama Lagi Lengser, Segini Uang Tunjangan Didapatkan Jokowi Saat Pensiun

Sebutan ini adalah hasil simbiosis mutualisme antara penguasa dan pengusaha. Tidak diketahui siapa saja sosok 9 Naga ini. Berbagai nama pun bermunculan berdasarkan hasil pencarian di mesin pencari Google.

Mulai dari Robert Budi Hartono, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Jacob Soetoyo, James Riady, Tommy Winata, Anthony Salim, dan Dato' Sri Tahir. Aktivis Sri Bintang Pamungkas dalam bukunya menyebut Aguan sebagai Naga Kedua dari 9 Naga. Namun, lagi-lagi tidak diketahui pasti siapa saja sosoknya.

Dugaan bahwa mereka menguasai ekonomi Indonesia sebetulnya juga tidak berlebihan. Hal ini menjadi logis jika melihat pada besarnya konglomerasi sosok-sosok yang kerap disebut 9 Naga. Bisnis-bisnis mereka, mulai dari perbankan hingga properti, menguasai ekonomi negara ini dan juga dapur banyak masyarakat Indonesia.

Seandainya 9 Naga mengacu pada nama-nama yang sudah disebutkan di atas, tidak terhitung berapa produk dari bisnis mereka yang digunakan masyarakat. Sebut saja Robert Budi Hartono dengan grup Djarum dan juga Salim pemilik Indofood. Pada 2011, Tommy Winata pernah membantah anggapan bahwa ia merupakan salah satu dari 9 Naga.

Ia pengusaha yang selalu apes karena kerap dikaitkan kelompok itu. Hal ini terungkap berdasarkan arsip Detik ketika menyikapi dokumen Wikileaks yang menuduh dirinya dekat dengan Presiden SBY dan disebut sebagai 9 Naga. Tommy Winata menyatakan kebingungannya dengan istilah 9 Naga. Ia merasa tudingan itu merugikan dirinya.

Sementara itu, menurut Wikipedia, Sembilan Naga atau Gang of Nine adalah sebuah istilah yang ditujukan pada sembilan pengusaha besar keturunan Tionghoa yang ada di Indonesia. Istilah tersebut mula-mula muncul pada era Orde Baru, kala pengusaha dan pemerintah membentuk hubungan saling menguntungkan.

Baca Juga: Deretan Kasus Korupsi Tanah Air dengan Kerugian Terbesar Sepanjang Sejarah, Negara Bobol hingga Ratusan Triliun

Sembilan Naga menurut Tribunnews meliputi Robert Budi Hartono, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Edwin Soeryadjaya, Jacob Soetoyo, James Riady, Tommy Winata, Anthoni Salim, dan Dato Sri Tahir.

Sedangkan, menurut Tempo, Sembilan Naga meliputi Sugianto Kusuma (Aguan), Haryadi Kumala, Iwan Cahyadi, Yorrys, Arief Cocong, Edi Porkas, Arie Sigit, Jony Kusuma, dan Tommy Winata. Dua daftar nama tersebut menunjukkan beberapa perbedaan. Namun, banyak dari mereka yang memiliki posisi kuat dalam ekonomi Indonesia.

Tidak mengherankan bahwa mereka dianggap memiliki pengaruh besar. Meski begitu, identitas pasti dan jumlah tepat anggota 9 Naga tetap menjadi misteri. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS