KPU Tak Ingin Kehebohan Gibran Terulang, Cak Imin Deg-degan Jelang Debat Cawapres

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
KPU Tak Ingin Kehebohan Gibran Terulang, Cak Imin Deg-degan Jelang Debat Cawapres
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (tengah kemeja biru), menjelaskan persiapan debat kedua cawapres di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) dalam debat kedua akan diselenggarakan oleh KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/12/2023) malam "

JAKARTA, TELISIK.ID – Kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) dalam debat kedua akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. Debat kali ini akan menghadirkan tiga cawapres.

Tiga cawapres yang akan saling debat adalah nomor urut 1, Muhaimin Iskandar; nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka; dan nomor urut 3, Mahfud MD. Tema yang akan diperdebatkan adalah tentang ekonomi dengan sub tema yakni ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Dalam debat kedua ini, KPU akan melibatkan petugas penghubung atau liaison officer (LO) dari masing-masing tim pendukung capres-cawapres. Tugas LO ini mengendalikan tim pendukung agar tidak terjadi kehebohan yang bisa memancing reaksi negatif dari tim lain.

“Untuk mengendalikan atau menjaga ketertiban bersama, disepakati masing-masing tim pasangan calon ada LO di arena debat, supaya menjadi pengendali suasana di masing-masing pasangan calon,” jelas Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Hasyim menjelaskan, pelibatan LO dilakukan agar tidak terulang tindakan seperti yang dilakukan Gibran saat mendampingi Prabowo di debat pertama pada 12 Desember 2023 di kantor KPU RI. Ketika itu Gibran berdiri dari tempat duduknya kemudian gestur kedua tangannya diayunkan ke atas dan ke bawah seperti ‘memanas-manasi’ suasana debat.

Karena itu, Hasyim berharap tindakan seperti yang dilakukan Gibran tidak terulang dan aksi saling sorak-sorakan yang dilakukan para pendukung harus ditekan.

“Sehingga akan mengendalikan kehadiran kemudian tata tertib dalam ruangan debat, itu (tugas) oleh LO dari masing-masing pasangan calon,” tambahnya.  

Urutan penyampaian visi, misi, dan program para cawapres dalam debat nanti akan mengikuti urutan debat pertama yang telah dilaksanakan pada Selasa pekan lalu (12/12/2023). Saat debat pertama, capres yang diberi kesempatan memulai penyampaian visi, misi, dan program adalah nomor urut 1, Anies Baswedan.

Baca Juga: Debat Digelar Jumat, Ini Persiapan Cawapres 2024

Merujuk pada ketentuan ini, maka cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendapat giliran pertama untuk pemaparan visi dan misi saat debat kedua.

“Debat pertama yang kemarin tanggal 12 Desember (2023) urutan penyampaian visi, misi, program dimulai oleh calon presiden nomor urut 1. Pada debat kedua nanti visi, misi, program akan dimulai oleh calon wakil presiden nomor urut 2 dan seterusnya,” beber Hasyim.

Usai Gibran menyampaikan visi, misi, dan program, selanjutnya giliran Mahfud MD dan berikutnya oleh Cak Imin. Ketentuan ini, menurut Hasyim, berlaku juga untuk debat ketiga, keempat, dan kelima.

Capres nomor urut 1, Cak Imin, tak memandang enteng Gibran yang akan berdebat dengannya bersama Mahfud MD. Dia menilai putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berpengalaman di pemerintahan sebagai Wali Kota Solo dan di bidang bisnis.

“Kita tahu Mas Gibran punya pengalaman Wali Kota (Solo), Mas Gibran punya jejak rekam pengusaha sukses, Mas Gibran juga punya pengalaman jadi Wali Kota yang berhasil,” ujar Cak Imin di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Karena pengalaman di pemerintahan dan bisnis itu, Cak Imin tak mau sesumbar meremehkan kemampuan debat Gibran. Apalagi cawapres lainnya, Mahfud MD, kata Cak Imin, juga mempunyai pengalaman yang tidak sedikit di pemerintahan. Cak Imin pun mengaku deg-degan menjelang debat.

“Tentu Pak Gibran punya kekuatan yang harus kita juga hati-hati. Sama-sama deg-degan, mereka (Gibran dan Mahfud MD, red) orang-orang pengalaman,” katanya.

Sikap optimis menjelang debat kedua diungkapkan oleh Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan. Arief menegaskan, Gibran sudah siap menghadapi debat.

Baca Juga: Debat Kedua Capres di JCC Gunakan Podium, Cak Imin Minta KPU Adil Tetapkan Jumlah Pendukung

Arief memastikan bahwa Gibran tidak akan irit bicara seperti yang selama ini diketahui oleh publik. “Kan debat, masa irit ngomong, pasti akan ada ide-ide yang mengejutkan kita semua,” umbar Arief di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Gibran oleh Arief dinilai sebagai cawapres yang sangat mendukung kreatifitas anak muda, selain dianggap berhasil membangun Kota Solo. Dia yakin Gibran akan menonjolkan sikap santai dan mengklaim selama ini Gibran sering diserang dan difitnah oleh kelompok yang tidak setuju dengan majunya putra sulung Jokowi ini sebagai cawapres.

“Ya anak muda itu selalu diremehkan, tapi di ujung selalu ada kejutan. Jadi kita tunggu aja besok (Jumat malam, 22/12/2023, red), kalau kita bocorin bukan kejutan namanya,” tandas Arief.

Sama seperti debat pertama, debat kedua juga berlangsung 120 menit untuk enam segmen. Segmen pertama adalah pembukaan, pembacaan tata tertib, kesempatan oleh cawapres menyampaikan visi, misi, dan program kerja, masing-masing dua menit.

Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi, misi, dan program kerja. Pendalaman dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh 11 panelis dan dipandu oleh moderator. Setiap cawapres berkesempatan menjawab dengan durasi 2 menit.

Segmen keempat dan kelima, setiap cawapres akan saling bertanya ke cawapres lain. Kesempatan bertanya untuk cawapres hanya 1 menit, sedangkan durasi untuk menjawab yakni 2 menit. Kemudian segmen keenam adalah pernyataan penutup dari masing-masing cawapres. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga