Muncul Mural Mantan Wali Kota Solo Cukur Rambut Putra Jokowi

Fitrah Nugraha

Reporter

Senin, 06 September 2021  /  1:21 pm

Mural mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, cukur rambut Gibran Rakabuming Raka. Foto: Repro Suara.com

SOLO, TELISIK.ID - Membuat mural bergambar mirip salah tokoh belakangan bulan terakhir banyak dilakukan. Kini, giliran Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dibuatkan mural.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, mural bergambar sosok mirip putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu nampak bersama mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Dalam gambar mural tersebut, Hadi Rudyatmo terlihat mencukur rambut Gibran Rakabuming Raka di sebuah tembok besar di Jalan Ir Juanda, Kecamatan Jebres.

Tak pelak, munculnya mural itu mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Beberapa di antaranya memaknai tentang sosok orang tua yang mencukur anaknya dengan merapikan rambut si anak.

"Itu gambar bapak dan anak ya? Sosok orang tua yang sedang mencukur rambut anaknya aja sih mas," ungkap salah satu warga sekitar, Fredi, dikutip dari Suarasurakarta.id, Senin (6/9/2021).

Selain itu, adajuga warga yang memaknai sosok mirip Pak Rudy yang akan mencukur gundul rambut Gibran menyimbolkan kedekatan orang tua dan anak.

"Itu mirip Pak Rudy, sedang cukur rambut Gibran. Ya sebagai perhatiannya aja sih yang lebih tua ke yang muda," ungkap Joko.

Sementara itu, pelukis mural Irul Hidayat, membenarkan bahwa dirinya mengonsep karya sosok mirip FX Hadi Rudyatmo atau Pak Rudy yang mencukur rambut Gibran Rakabuming Raka.

Sosok yang akrab disapa Irul itu juga tak menampik jika dirinya membuat gamabr Rudy yang akan mencukur gundul rambut Gibran.

"Itu simbol memberikan selamat syukur atas kemenangannya. Kan tradisi cukur gundul selalu dilakukan komunitas Pak Rudy," ungkap Irul.

Selain itu, bagi Irul, digambarkan di mural ini adalah Pak Rudy yang mengayomi, membimbing semua lapisan masyarakat baik yang tua maupun muda.

Irul juga mengungkapkan, bahwa jadi pemimpin itu juga harus berani digunduli, hal tersebut sebagai simbol atau bukti bahwa sosok pemimpin itulah yang dekat dengan rakyatnya tidak ada jarak siap berkorban.

Baca Juga: Ternyata Kecepatan Download Internet Indonesia Paling Rendah se-ASEAN

Baca Juga: Hamtramck, Kota Pertama Berpenduduk Mayoritas Muslim di Amerika

"Makna Gibran digunduli ini adalah sosok pemimpin muda yang harus berani diejek, dikritisi, semacam plonco lah. Harus berani berkorban yang nantinya sebagai pemimpin rakyatnya," jelasnya.

Tambah Irul, karya mural itu sebetulnya untuk menandai suksesnya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, yang dimenanngkan oleh pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso.

"Itu persembahan karya seni saya ke Pak Rudy yang menjelang masa purnanya, dan gambaran tersebut sekaligus sebagai tonggak estafet kepemimpinan Rudy hingga ke Gibran Wali Kota muda," pungkasnya.

Untuk diketahui, dikutip dari wikipedia.org, mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali