Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Diprediksi Rampung Juni 2024

Elfinasari

Reporter

Minggu, 23 Juni 2024  /  8:48 am

Patung Oputa Yi Koo yang di bangun di Kotamara Baubau diprediksi bakal selesai Juni 2024. Foto: Elfinasari/Telisik

BAUBAU, TELISIK.ID - Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, diprediksi selesai pada akhir Juni 2024.

Proyek pembangunan patung Oputa Yi Koo ini direncanakan awalnya akan selesai pada Januari 2024, namun hingga bulan Juni ini Patung tersebut  masih dalam proses pengerjaan.

Menurut anggota tim lapangan pembangunan, Mahendra, proses pemasangan patung saat ini fokus pada pemasangan lengan kiri dan tongkat, setelah pemasangan kepala selesai dilakukan sebelumnya.

"Kami memperkirakan pembangunan akan rampung akhir Juni 2024, meskipun cuaca sering kali menjadi kendala karena bahan patung yang terbuat dari perunggu," ujarnya.

Patung monumental ini, yang dibangun dengan anggaran senilai Rp 60 miliar, telah dinanti-nanti oleh masyarakat Baubau.

Baca Juga: Setahun Lebih, Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Baru Terbangun Kakinya

Patung tersebut akan diakses melalui tangga melingkar yang membawa pengunjung ke area di atas, dimana patung pahlawan nasional tersebut berdiri tegak.

Awalnya, direncanakan selesai pada Januari 2024, namun berbagai kendala termasuk cuaca yang tidak menentu telah menunda proyek ini.

Patung yang dikirim dari Bantul, Yogyakarta, dalam keadaan terpisah-pisah, akhirnya mulai tampak mengambil bentuk dengan tinggi total 23 meter.

Menurut salah seorang warga setempat, Lila menuturkan bahwa patung tersebut memang sudah lama dibangun tetapi hingga kini sebagian jalan di Kotamara masih ditutup karena masih ada pengerjaan.

Baca Juga: Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Belum Rampung

"Lumayan lama pengerjaannya, kita tidak tahu juga apa kendalanya, tapi sekarang sudah kelihatanmi badannya, sepertinya tidak lama lagi akan jadi patungnya," tuturnya, pada Jumat (21/6/2024).

Warga lain, Harni mengaku optimis bahwa patung pahlawan tersebut akan segera mempercantik pemandangan kota.

"Sudah kelihatan juga dari laut, cantik mi pemandangannya ini Kotamara karena adami patung pahlawan Nasional, Oputa Yi Koo," ungkapnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS