Setahun Lebih, Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Baru Terbangun Kakinya

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Setahun Lebih, Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Baru Terbangun Kakinya
Pembangunan patung Oputa Yi Koo di Baubau Sulawesi Tenggara belum selesai, saat ini terlihat baru kaki patung. Foto: Ist.

" Proses pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Sulawesi Tenggara belum rampung. Patung yang dibangun sejak September 2022 ini, ditargetkan selesai tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Proses pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Sulawesi Tenggara belum rampung. Patung yang dibangun sejak September 2022 ini, ditargetkan selesai tahun 2023, namun hingga kini baru terbangun kaki patungnya.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara, Martin Efendi Patulak mengatakan, saat ini pembangunan patung memasuki tahapan selanjutnya setelah kaki patung.

Martin menyebut, saat ini menunggu tahap pengelasan untuk pemasangan rangka dan pemasangan badan atau sisi luar dari patung.

"Sisa pengelasan yang terkendala karena hujan, yang ditakutkan juga petirnya. Tapi semua material dari ujung kaki sampai kepala sudah ada di sana, sisa dirakit saja. Target penyelesaian bulan ini," ungkap Martin, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Baubau Belum Rampung

Berdasarkan pantauan Telisik.id, saat ini pembangunan patung Oputa Yi Koo di Baubau Sulawesi Tenggara, baru terlihat rangka kaki yang dibangun setelah beberapa waktu terhenti.

Diketahui, desain patung dicetak dari seniman atau ahli patung di Jogja. Patung setinggi 23 meter tersebut ditargetkan keseluruhan konstruksi patungnya akan selesai di 2024.

Baca Juga: Rampungkan Patung Oputa Yi Koo, Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara: Bisa Jadi Landmark Kota

Sementara salah seorang masyarakat yang berada di Kotamara Baubau, Andika mengatakan, proses pembangunan itu telah lama dimulai. Ia menilai seharusnya proyek tersebut cepat terselesaikan.

"Kalau bukan akhir 2022, awal 2023, karena lama sekali mi, biasanya kalau pembangunan begitu cepat karena proyek, cuma ini kayaknya ada sedikit kendala, sekarang itu baru kakinya saja yang nampak dibangun," ungkap Andika melalui pesan WhatsApp, Selasa (16/1/2024). (B

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga