Pemkot Kendari Bakal Bangun Drainase Terintegrasi untuk Penataan Kota Terhindar Banjir

Sigit Purnomo

Reporter

Sabtu, 22 Juni 2024  /  6:34 pm

Pj Wali Kota Kendari bersama jajaran OPD lingkup Pemkot saat melakukan peninjauan drainase yang tersumbat. Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal melakukan pembenahan dan penataan drainase yang terintegritas untuk mencegah banjir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana. Ia mengatakan, melihat kondisi dari topografi Kota Kendari yang tidak cukup landai dan dekat dengan bibir pantai.

"Sehingga ketika terjadi hujan deras ditambah dengan air laut yang pasang, itu bisa membuat limpahan airnya memenuhi jalan bahkan masih di rumah-rumah masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: BPJN Sulawesi Tenggara Dukung Pemkot Kendari Menata Drainase dan Trotoar yang Beralih Fungsi

Erlis membeberkan, di Kota Kendari terdapat beberapa rumah masyarakat yang lokasinya lebih rendah dari jalan dan kawasan inilah yang akan dibuat perencanaannya secara terintegrasi.

Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas PUPR Kota Kendari rencanakan pembangunan drainase terintegrasi untuk mencegah banjir. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Erlis menambahkan, perlunya pembangunan drainase yang terintegrasi di semua jalur yang ada, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air akibat drainase yang rusak atau tersumbat.

Ia mengungkapkan, perencanaan pembangunan drainase yang terintegrasi sebelumnya sudah pernah direncanakan di beberapa kecamatan yang ada di Kota Kendari.

Namun, lanjut Erlis, hal tersebut belum tuntas sehingga perlu dilanjutkan kembali, melihat dari kondisi saat ini harus ada pemuktahiran terhadap perencanaan drainase yang terintegrasi dan diterapkan untuk mengurangi banjir.

"Hal ini juga pernah kita diskusikan bersama Pemkot, akademisi bersama masyarakat untuk bisa berkolaborasi untuk membuat sebuah perencanaan drainase yang terintegrasi," bebernya.

Erlis menjelaskan, perencanaan sistem drainase perlu menerapkan prinsip efektif, efisien, aman, mudah dipelihara, terintegrasi dan berkelanjutan dalam perancangan pembuatannya.

Pj Wali Kota Kendari bersama jajaran OPD lingkup Pemkot saat melakukan peninjauan drainase yang tersumbat. Foto: Ist

 

Sistem drainase yang dibangun perlu memiliki efektivitas dalam mengeringkan air permukaan, efisien biaya pembuatannya, dan aman bagi orang-orang di sekitarnya.

Selain itu ungkap Erlis, perencanaan sistem drainase perlu mengintegrasikan dengan kondisi pertumbuhan penduduk, perubahan penggunaan lahan, dan tata ruang wilayahnya.

"Kita dapat mengetahui bahwa drainase yang baik adalah drainase yang dibangun berdasarkan kebutuhan wilayah dan fungsinya untuk menunjang kewilayahan tersebut," bebernya.

Lebih lanjut, Erlis menambahkan, sistem drainase yang baik dapat menampung semaksimal mungkin aliran air sebelum dialirkan ke badan air terdekat, agar mengurangi kerja penyerapan dari badan air tersebut.

Penyerapan yang optimal dari badan air dapat membatu wilayah di sekitar area resapan dan badan air agar tidak terjadi banjir.

Pj Wali Kota Kendari bersama jajaran OPD lingkup Pemkot saat melakukan peninjauan drainase yang tersumbat. Foto: Ist

 

Oleh karena itu, dengan pentingnya drainase tersebut diharapkan dapat menjaga dan merawat fasilitas tersebut dengan baik agar dapat berfungsi secara optimal.

Selain perencanaan pembangunan drainase, untuk menjaga fungsi drainase agar maksimal, pihak pemerintah kota juga meminta kepedulian dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan terlebih di area drainase.

Baca Juga: Pemkot Kendari Tertibkan Kawasan Trotoar Sebagai Upaya Penataan Wilayah Kota

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Kendari, Abdi Prawira menjelaskan, sistem drainase adalah suatu rangkaian infrastruktur dan metode yang dirancang untuk mengelola aliran air, baik air hujan maupun air limbah, agar dapat dialirkan dengan efisien dan aman ke saluran pembuangan yang sesuai.

Tujuan utama dari sistem drainase adalah untuk mencegah terjadinya banjir, mengurangi genangan air, mengendalikan erosi tanah, dan menjaga kualitas lingkungan.

"Pembangunan drainase terintegrasi di Kota Kendari merupakan upaya untuk mencegah banjir," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS