Prioritaskan Mutu Layanan, BPJS Kesehatan Pastikan Antrean Online Tetap Lancar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Desember 2024
0 dilihat
Prioritaskan Mutu Layanan, BPJS Kesehatan Pastikan Antrean Online Tetap Lancar
BPJS kesehatan pastikan antrean online tetap lancar di sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas. Foto: Ist

" BPJS Kesehatan terus memperkuat mutu layanan melalui transformasi digital, salah satunya dengan penerapan sistem antrean online "

KENDARI, TELISIK.ID – BPJS Kesehatan terus memperkuat mutu layanan melalui transformasi digital, salah satunya dengan penerapan sistem antrean online.

Inovasi ini bertujuan mempermudah akses layanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), meningkatkan efisiensi pelayanan, dan mengurangi waktu tunggu pasien di fasilitas kesehatan.

Sistem ini telah diterapkan di berbagai fasilitas kesehatan, baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Baru-baru ini, Bagian Teknologi Informasi (TI) BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah IX melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas kesehatan di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Kendari, salah satunya pada Puskesmas Poasia dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari serta Rumah Sakit Bahtermas, (04/12/2024) lalu.

Baca Juga: Kapolresta Kendari, Kapolres Konawe Utara dan Kapolres Kolaka hingga Kapolres Bombana Diganti

Kunjungan tersebut bertujuan memastikan kelancaran implementasi antrean online dan juga memastikan fasilitas kesehatan memahami teknis pengoperasian, agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN.

Dalam kunjungan tersebut, Tim TI melakukan pengecekan teknis serta berdiskusi dengan tenaga kesehatan di fasilitas-fasilitas terkait. Diskusi ini menjadi sarana untuk mendengarkan masukan serta menyelesaikan kendala teknis yang mungkin dihadapi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Rinaldi Wibisono, menyampaikan bahwa antrean online menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di fasilitas kesehatan.

"BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sistem antrean online ini membantu mewujudkan tujuan tersebut," ujar Rinaldi, Senin (30/12/2024).

Lanjutnya, selain memastikan kelancaran teknis, kunjungan tersebut juga difokuskan pada pengumpulan data untuk evaluasi dan pengembangan sistem lebih lanjut.

“BPJS Kesehatan memahami bahwa masukan dari tenaga kesehatan di lapangan sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan. Dengan evaluasi berkelanjutan, Sistem Antrean Online diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi peserta JKN dan fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Dengan pemanfaatan antrean online tersebut, Rinaldi menegaskan bahwa peserta JKN dapat lebih mudah mengakses fasilitas kesehatan dengan mengatur waktu kunjungan sesuai dengan kebutuhan peserta.

“Sistem antrean online juga memberikan dampak positif pada pengaturan jadwal kunjungan pasien. Peserta dapat memilih waktu kunjungan sesuai kebutuhan, sehingga waktu tunggu di ruang pelayanan dapat diminimalkan. Hal ini tidak hanya menguntungkan pasien, tetapi juga membantu tenaga kesehatan dalam mengatur jadwal secara lebih efektif,” ungkapnya.

Dengan pengelolaan waktu yang lebih baik, tenaga kesehatan dapat lebih fokus pada kualitas pelayanan. BPJS Kesehatan tidak hanya berhenti pada inovasi digital, tetapi juga memperkuat kolaborasi dengan fasilitas kesehatan.

“Kunjungan seperti ini merupakan bagian dari upaya memastikan mutu layanan tetap terjaga. Melalui pendampingan langsung, BPJS Kesehatan menunjukkan komitmennya dalam mendukung fasilitas kesehatan untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN,” ungkap Rinaldi.

Baca Juga: Daftar Film Menarik di Bioskop Kendari Spesial Tahun Baru

Manfaat Sistem Antrean Online ini juga langsung dirasakan oleh peserta JKN. Rifka Azizah (20), seorang mahasiswa, mengungkapkan bahwa Antrean Online mempermudah dirinya mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saya tidak perlu menunggu lama atau bolak-balik mengambil antrean terlebih dahulu terus pulang kerumah lagi menunggu dan memperkirakan waktu untuk kembali ke fasilitas kesehatan. Prosesnya lebih simpel dan menghemat waktu hanya dengan penggunaan Aplikasi Mobile JKN,” ujarnya.

Selain dirinya sendiri, Rifka juga menambahkan bahwa manfaat program ini juga sangat membantu keluarganya.

“Pelayanannya baik dan cepat seperti ini sudah beberapa kali saya merasakan, bahkan orang tua saya pun selalu rutin mengakses pelayanan kesehatan. Saya berharap program ini terus dipertahankan dan kualitasnya semakin ditingkatkan dan kembali hadir berbagai inovasi digital yang mempermudah kami semua,” katanya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga