Penyuluh Pertanian Didorong Terus Berinovasi Bagi Konawe sebagai Lumbung Pangan Nasional

Sigit Purnomo

Reporter

Selasa, 24 September 2024  /  9:54 pm

Pemda Konawe gelar temu teknis bersama seluruh penyuluh pertanian lingkup Kabupaten Konawe. Foto: Ist

KONAWE, TELISIK.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mengadakan temu teknis bersama seluruh penyuluh pertanian dari 28 kecamatan setempat untuk meningkatkan kapasitas penyuluhan dalam mendukung ketahanan pangan.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian pada Selasa (24/9/2024) dan dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP), Gunawan Samad, dan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan.

Gunawan menegaskan, perlu peningkatan kapasitas penyuluh agar dapat memberikan pendampingan yang efektif kepada petani, serta memperkuat sektor pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Kabupaten Konawe dipercaya oleh pemerintah pusat sebagai lumbung pangan nasional. “Menjadi penyangga pangan di Indonesia adalah tugas yang tidak mudah, tetapi dengan kerjasama yang baik, kita bisa lebih ringan menjalankannya,” ujar Gunawan.

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, juga menggarisbawahi peran penting penyuluh dalam Perluasan Areal Tanam (PAT). Ia berharap penyuluh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat menciptakan inovasi untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Baca Juga: Tim Hukum Bahtera: Tudingan Abdul Rahman Tak Pantas, Harus Ditangani Bawaslu Muna

“Kami berharap para penyuluh di setiap desa dapat melahirkan inovasi dan berinisiatif cepat dalam pengembangan komoditas, terutama padi,” harapnya.

Ferdinand mengajak penyuluh untuk menunjukkan kreativitas dan menjadi contoh bagi petani lainnya. Ia merujuk pada inovasi dari salah satu penyuluh, Asdar, yang diharapkan dapat diikuti oleh penyuluh lainnya.

“Dengan pengembangan yang baik, pertanian di Konawe dapat menjadi percontohan bagi daerah lain dan pusat pengembangan komoditas unggul,” ujarnya.

Baca Juga: Kekayaan Calon Wali Kota - Wakil Wali Kota Baubau: Ari Nur Raharja Tembus Rp 43 Miliar

Koordinator penyuluh pertanian se-Kabupaten Konawe, Yasir, menilai kegiatan Hari Tani yang baru dirayakan untuk kedua kalinya di Konawe merupakan bentuk penghargaan kepada petani.

Ia juga menjelaskan tantangan utama yang dihadapi, yaitu keterbatasan SDM petani, yang terus diatasi melalui penyuluhan inovasi.

Di kesempatan ini, juga diumumkan hasil penilaian lomba penyuluhan inovasi pertanian oleh Dinas TPHP Kabupaten Konawe. Di kategori Penyuluh PNS, juara I diraih oleh Gede Sumerta dari Onembute, diikuti oleh Subroto dari Wawotobi, dan I Nengah Punia dari Padangguni.

Untuk kategori Penyuluh PPPK, juara I adalah Nurmayasari Yusdin dari Lambuya.

Kegiatan ini menjadi harapan baru bagi pertanian di Konawe untuk terus berkembang dan menjadikan daerah ini sebagai ikon Kota Padi yang makmur. (Adv/A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS