Pj Bupati Buton Selatan Pimpin Ikrar Netralitas ASN Pilkada 2024

Ali Iskandar Majid

Reporter

Senin, 22 Juli 2024  /  1:27 pm

Sekretaris Daerah (Sekda) La Ode Budiman (kiri) bersama Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, Parinringi (kanan) di halaman kantor Bupati Buton Selatan. Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Buton Selatan

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) yang tersisa empat bulan lagi, seluruh ASN Pemkab Buton Selatan berikrar untuk netral, yang digelar dalam apel Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin (22/7/2024).

Apel tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Menpan RB, Mendagri, Kepala BKN, Ketua KASN, dan Ketua Bawaslu RI tentang Pedoman Pembinaan Dan Pengawasan Netralitas ASN dalam Penyelenggaran Pilkada Serentak Tahun 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, Parinringi, menyatakan, tujuan pelaksanaan Ikrar ASN pada Pilkada Buton Selatan diharapkan dapat menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN di instansi masing-masing dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik.

Baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Bukan hanya itu, pihaknya juga berharap pelaksanaan Ikrar ASN tersebut juga untuk menghindari konflik kepentingan.

Baca Juga: Langgar Netralitas ASN, Plt Bupati Muna Tegur Kadis Nakertrans

Dimana tidak melakukan praktik intimidasi serta ancaman kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Buton Selatan maupun seluruh lapisan masyarakat untuk memihak kepada pasangan calon tertentu.

Parinringi juga mengimbau kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Buton Selatan untuk bijak menggunakan sosial media. Tidak mengumbar ujaran kebencian dan menyebarluaskan informasi bohong (hoaks) di sosial media milik pribadi masing-masing.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Ingatkan Netralitas ASN dan Kepala Desa di Pilkada

Ia mengatakan, pelaksanaan ikrar tersebut juga sebagai edukasi kepada seluruh ASN untuk selau menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam  bentuk apapun.

Sehingga dengan kegiatan Ikrar ASN itu, ASN lingkup Pemkab Buton Selatan tetap terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan khususnya dalam menyambut Pilkada serentak 2024.

“Hari ini Pemkab Buton Selatan melaksanakan Ikrar Netralitas ASN pada pilkada serentak tahun 2024, yang mana merupakan bentuk komitmen kami (ASN) untuk menjalankan amanah negara. ASN tidak boleh berpihak,” katanya saat ditemui awak media, Senin (22/7/2024). (C-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS