Enam Warga Wakatobi Dinyatakan Positif COVID-19

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Rabu, 13 Mei 2020
0 dilihat
Enam Warga Wakatobi Dinyatakan Positif COVID-19
Suasana konferensi pers Gugus Tuga Percepatan dan Penanganan COVID-19. Kabupaten Wakatobi, Foto: Juno/ Telisik

" Dan hasil laboratorium dari sampel swab yang pertama pada 4 Mei, sebanyak tujuh orang yang keseluruhannya itu eks penumpang KM Dorolonda dari wilayah Timur Maluku dan tujuh orang ini ada di Pulau Binongko dan dari tujuh sampel swab yang kita kirim ke Laboratorium Makasar menunjukan satu orang negatif dan enam orang positif Corona. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Wakatobi Muliadin, mengumumkan data terbaru dari 18 warga Wakatobi yang dinyatakan reaktif hasil rapid test. Rabu (13/5/2020).

Dari 18 orang yang reaktif rapid test, 14 orang diantaranya telah dilakukan pengambilan sampel swab. Berdasarkan hasil uji laboratorium di Makasar, enam diantaranya dinyatakan positif COVID-19.

Muliadin menyatakan enam orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan warga Binongko, eks penumpang KM Dorolonda dari wilayah Timur Maluku.

"Dan hasil laboratorium dari sampel swab yang pertama pada 4 Mei, sebanyak tujuh orang yang keseluruhannya itu eks penumpang KM Dorolonda dari wilayah Timur Maluku  dan tujuh orang ini ada di Pulau Binongko dan dari tujuh sampel swab yang kita kirim ke Laboratorium Makasar menunjukan satu orang negatif dan enam orang positif Corona," ujarnya.

Baca juga: Bertahap, Jokowi Naikan Iuran BPJS Kesehatan

Ke enam yang terkonfirmasi positif ini lanjutnya, empat orang berjenis laki-laki dari usia ,38, 41, 44, 72 tahun dan dua lainnya perempuan berusia 7 tahun dan 33 tahun.

"14 orang ini dua tahap  pengambilan swabnya, yang pertama pengambilan swab tanggal 4 Mei yang di pusatkan di UPTD Puskesmas Pulau Binongko sebanyak tujuh orang yang kita swab, kemudian tanggal 7 Mei ada pengambilan swab tujuh orang yang terdiri dari tiga orang di Kaledupa, empat orang di Pulau Wangi-wangi. Tahap kedua ini masih kita tunggu hasilnya mudah-mudahan minggu ini," tuturnya.

Reporter: Juno

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga