Pj Bupati Kolaka Utara Rakor Kepala Daerah di IKN dan Foto Bareng Menantu Jokowi

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Rabu, 14 Agustus 2024  /  8:46 pm

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding (kanan), dan Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, di sela menghadiri Rakor Kepala Daerah se-Indonesia di IKN, Selasa (13/8/2024). (Foto: Diskominfo Kolaka Utara)

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, turut mengikuti rapat koordinasi (rakor) kepala daerah se-Indonesi yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (13/8/2024).

Giat perdana di IKN ini berlangsung di Istana Negara dipimpin oleh Preside, Joko Widodo atau Jokowi. Rakor ini dianggap menjadi tonggak penting bagi pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan Indonesia.

Acara yang berlangsung di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim ini dihadiri 516 kepala daerah yang terdiri dari gubernur, wali kota, dan bupati. Sementara, 35 kepala daerah di antaranya berhalangan hadir.

Baca Juga: Komisi III DPRD Kolaka Utara Nilai Tak Rasional Pajak Hotel dan Tambang C Anjlok

Sukanto menuturkan, kehadiran dirinya di IKN untuk mengikuti rakor, mendengar arahan Jokowi serta melihat secara langsung Ibu Kota Negara yang baru.

“Ini sebuah sejarah, pertama kali para kepala daerah seluruh Indonesia, bersama Presiden dan Menteri Kabinet (Indonesia Maju) menginjakkan kaki di sini (IKN, red), dimana akan menjadi Ibu Kota Nusantara,” terangnya.

Kata Sukanto, infrastruktur IKN mulai terbangun. Kelak kota ini akan jadi kota modern dengan tetap memperhatikan dan menjaga ekosistem lingkungan meski berdiri megah di tengah hutan.

Sukanto dalam kegiatan itu pun menyempatkan diri berfoto bareng Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang juga menantu Jokowi.

“Luar biasa yah. Ini akan menjadi kota modern. Konsepnya smart city, IKN mengutamakan energi hijau, dimana semua diharapkan bebas polusi dan nantinya menggunakan kendaraan listrik. Ini investasi yang tidak sedikit dan untuk masa depan bangsa,” sanjung Sukanto.

Beberapa poin penting arahan Jokowi, kata Sukanto, antara lain pemerintah daerah tidak menunda-nunda realisasi APBD karena sampai saat ini belanja APBD baru 31 persen, sementara pendapatan 38 persen.

Baca Juga: PAD Tambang C Anjlok, Fraksi PDIP Ancam Tolak Penetapan APBD Perubahan jika Tak Ada Komitmen Perbaikan

“Besarnya percepatan belanja pemerintah itu akan membuka cukup besar lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini menginginkan pemerintah daerah menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024, menjaga keamanan dan ketertiban, serta berkoordinasi dengan Forkopimda. Termasuk menyegerakan realisasi anggaran pilkada.

“Sekedar diketahui, anggaran Pilkada Kolut tahun 2024 telah tersalurkan secara keseluruhan kepada KPU Kolaka Utara, Bawaslu dan pihak keamanan,” kata Sukanto. (C)

Penulis : Muh. Risal H

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS