PKB Ikut Setor Nama Kader untuk Diajukan ke Kabinet Prabowo - Gibran

Ahmad Jaelani

Reporter

Jumat, 13 September 2024  /  6:59 pm

Ketua DPP PKB Bidang Hukum dan Perundangan, Cucun Ahmad Syamsurijal. Foto: Repro Kumparan

JAKARTA, TELISIK.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengajukan nama-nama kadernya untuk diusulkan sebagai menteri dalam kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Fraksi PKB DPR, Cucun Ahmad Syamsurijal, menegaskan bahwa partainya sudah resmi menyerahkan daftar nama kader partai pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Cucun menjelaskan bahwa pengajuan nama calon menteri tidak hanya dilakukan oleh PKB. Partai-partai lain yang menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga turut mengajukan nama-nama untuk posisi strategis dalam kabinet mendatang.

Baca Juga: Bangun Rumah Sendiri di 2025 Dikenakan Pajak 2,4 Persen

“Semua partai, bukan hanya PKB,” ujar Cucun, seperti dikutip dari Tempo, Jumat (13/9/2024).

Wakil Ketua Umum PKB itu memastikan bahwa nama-nama yang disetorkan oleh partainya adalah pilihan terbaik. Mereka dipilih berdasarkan kapabilitas dan profesionalisme yang diharapkan mampu membantu menjalankan pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Pokoknya, nama-nama kader yang terbaik, profesional di bidangnya yang diminta (Prabowo),” ungkap Cucun.

Cucun memastikan bahwa diskusi mengenai susunan menteri dilakukan langsung oleh Cak Imin dengan Prabowo Subianto. Meski demikian, keputusan akhir mengenai komposisi kabinet tetap berada di tangan presiden terpilih.

“Nanti kita tunggu Pak Prabowo seperti apa,” lanjut Cucun.

Sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Maju, PKB merasa memiliki peran penting dalam mendukung terbentuknya pemerintahan yang kuat dan solid.

Menurut Cucun, nama-nama yang diajukan dipilih dengan pertimbangan matang, baik dari segi keahlian maupun loyalitas terhadap partai dan pemerintahan Prabowo - Gibran.

Cucun mengungkapkan bahwa seluruh proses ini dilakukan demi mendukung terciptanya pemerintahan yang efektif dan mampu menjawab tantangan ke depan.

Sebelumnya, Partai Gerindra, sebagai partai utama pengusung Prabowo, juga telah mengkonfirmasi bahwa partai-partai koalisi sudah mengajukan nama-nama untuk posisi menteri.

Baca Juga: Bareskrim Geledah Lokasi Percetakan Uang Palsu 12.000 Ribu Lembar Pecahan Seratus Ribu, Delapan Orang Ditangkap

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan bahwa Prabowo tengah melakukan seleksi terhadap nama-nama yang diterimanya dan akan mengumumkan komposisi kabinet setelah dilantik pada 20 Oktober 2024.

“Yang jelas, Pak Prabowo ingin sebuah pemerintahan zaken di kabinetnya,” kata Muzani di Gedung DPR, Selasa (10/9/2024).

Kabinet zaken yang dimaksud oleh Muzani adalah kabinet yang diisi oleh para ahli di masing-masing bidangnya. Muzani menjelaskan bahwa Prabowo menginginkan kabinet yang profesional dan relevan dengan tantangan yang akan dihadapi pemerintahannya ke depan.

“Agar tidak kehilangan relevansi di jabatan yang diduduki nanti,” tambah Muzani. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS