PLN Kendari Abaikan Keselamatan Masyarakat

Thamrin Dalby

Reporter

Selasa, 24 Januari 2023  /  2:41 pm

Kabel PLN yang dibiarkan melintang di atas tanah dan penuh bekas sambungan, dinilai sangat membahayakan masyarakat. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Jaringan kabel listrik yang menyambung antar rumah warga di Jalan Malaka, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, sangat membahayakan keselamatan masyarakat. Kabel dibiarkan begitu saja melintas di atas tanah dan telah dipenuhi rerumputan.

Saripuddin, salah satu warga, mengaku sangat kaget saat membersihkan lokasi tersebut. Dia tidak menyangka ada bentangan kabel PLN yang di atas lahan tersebut.

"Saya kaget pak saat saya sedang memangkas rumput dan secara tidak sengaja parang saya mengenai kabel tersebut hingga mengeluarkan percikan api," ujar Saripuddin, Selasa (24/1/2023).

Warga yang tinggal di lokasi tersebut, Nasir, mengaku sudah pernah menghubungi pihak PLN dan hanya dijanjikan akan memindahkan jaringan kabel, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya.

Baca Juga: Atasi Banjir, PUPR Kota Kendari dan The Park Normalisasi Drainase

"Saya sudah pernah menghubungi pihak PLN karena waktu saya bakar alang-alang saya tidak tahu ada kabel PLN  yang melintang di atas tanah. Untung ada yang berteriak jadi saya langsung matikan cepat apinya," ujar Nasir.

Kondisi itu tentu saja sangat membahayakan keselamatan masyarakat. Apalagi menurut Nasir, pada kabel itu ada beberapa sambungan.

Baca Juga: Faktor Ekonomi dan Media Sosial Picu Kekerasan Perempuan di Kota Kendari

Takutnya, kata Nasir, kalau hujan, kabel itu akan menghantarkan arus listrik, dan ini sangat membahayakan warga yang melintas.

"Seharusnya pihak PLN memasang tiang, bukan membiarkan begitu saja terbentang di atas tanah warga dan seolah pihak PLN mengabaikan keselamatan warga, mungkin nanti ada korban baru PLN perbaiki," tandas Nasir. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS