Ratusan Warga Kategori Miskin Ekstrem di Kolaka Utara Terima Bantuan Sembako

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Sabtu, 21 September 2024  /  11:31 am

Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin, bersama Kepala Dinas Sosial, Saenal Ahmad, menyerahkan bantua kepada salah seorang warga di Kecamatan Lasusua. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

KOLAKA UTARA, TELSIK.ID - Ratusan warga kategori miskin ekstrem yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara, menerima bantuan sosial sembako dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka Utara.

Khusus warga Kecamatan Lasusua, bantuan kebutuhan pokok berupa 25 kilogram beras, satu rak telur, satu liter minyak goreng, dan dua dos mi instan tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Yusmin, di aula kantor Camat Lasusua, Jumat (20/9/2024).

Kepada penerima manfaat Yusmin menuturkan, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya mereka yang kurang mampu.

"Kami sebatas menyalurkan bantuan  sebagai bentuk kewajiban pemerintah daerah terhadap masyarakat,” terangnya.

Baca Juga: Lebih 4000 Warga Kolaka Utara Teridentifikasi Miskin Ekstrem

Yusmin menegaskan, tujuan utama pemerintah yakni memastikan masyarakat hidup berkecukupan dan tidak ada lagi warga yang hidup dalam kekurangan.

“Bantuan ini bukan sekadar bantuan, tetapi sebuah kewajiban pemerintah untuk memastikan masyarakat dari miskin menjadi tidak miskin,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Klaim Berhasil Tekan Angka Miskin Ekstrem

Kepala Dinas Sosial, Saenal Ahmad menuturkan, penyaluran bantuan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang penetapan data pensasaran percepatan penghapusan miskin ekstrem di Kolaka Utara.

Datanya diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kolaka Utara (Bappeda) yang telah disingkronkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial Kolaka Utara.

"Kegiatan ini dalam rangka penanganan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kolaka Utara. Pendistribusiannya pun dilakukan serentak di 15 kecamatan," urainya. (B-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS