Satu Jemaah Haji Asal Kota Kendari Meninggal Dunia

Erni Yanti

Reporter

Kamis, 20 Juni 2024  /  1:23 pm

Jemaah haji kloter 28 UPG asal Kota Kendari, Lukwan Sukimin bin Surumma (kanan) meninggal dunia di Rumah Sakit King Faishol Mekkah Arab Saudi pasca Armuzna. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Jemaah Haji atas nama Lukwan Sukimin bin Surumma kloter 28 asal Kota Kendari, meninggal dunia pasca Armuzna, di Rumah Sakit King Faishol Mekkah Arab Saudi.

Pembimbing ibadah kloter 28 UPG, Samsuri menyampaikan, Lukwan Sukimin bin Surumma meninggal dunia pada hari Selasa (18/6/2024) atau 12 Dzulhijjah 1445 pukul 17:30 waktu Arab Saudi (pukul 22.30 Wita).

Ia menyampaikan, almarhum dilarikan ke rumah sakit karena menderita serangan jantung sekembalinya dari Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) selama 5 hari.

Baca Juga: DPMPTSP Kendari Diganjar Penghargaan jadi Penyelenggara Perizinan Tenaga Kesehatan Paling Kolaboratif dan Inovatif

Almarhum Lukwan dimakamkan pada hari ini, Rabu (19/6/2024) di Mekkah, setelah disalatkan di Masjidil Haram yang jumlahnya diperkirakan ratusan ribu jemaah haji yang ikut mensalatkannya.

Di kloter 28 UPG, alamarhum berada di rombongan 1, regu 3 bersama istrinya yang bernama Hj Nurliana binti Lanata, beralamat di Jalan La Ode Hadi Lorong Kali Wanggu By Pass Kendari.

Sampai dengan hari ini pada umumnya kondisi 449 jemaah haji kloter 28 UPG asal Kota Kendari, dalam keadaan sehat, telah kembali dari melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, dengan melaksanakan pelontaran jumratul Aqabah, Ula’ dan Wustha.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Kapal Cepat Jetliner Periode Juni 2024

Namun demikian, jemaah masih ada yang batuk-batuk dan flu, yang diakibatkan karena kondisi cuaca yang panas ekstrem mencapai 45-46 derajat.

Saat ini, jemaah haji kloter 28 UPG Kota Kendari sedang bersiap-siap untuk melaksanakan rangkaian rukun haji terakhir yaitu Thawaf Ifadha, dilanjutkan Sai dan Tahalullul Tsani.

Tawaf Ifadha akan dilaksanakan mulai pukul 01.00 14 Dulhijjah 1445 H, seiring dimulainya beroperasi bus shalawat yang akan membawa jemaah ke Masjidil Haram. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS