Sekda Konawe Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Gantikan Harmin Ramba

Sigit Purnomo

Reporter

Rabu, 31 Juli 2024  /  11:04 am

Sekda Konawe Ferdinand Sapan ditunjuk sebagai Plh Bupati gantikan Harmin Ramba. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menunjuk Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Konawe menggantikan Harmin Ramba yang memasuki masa pensiun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Muliadi, Rabu (31/7/2024). Ia mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Konawe, saat ini pihaknya sementara memproses pengajuan penandatanganan penunjukan Plh Bupati Konawe.

"Yang akan ditunjuk sebagai Plh Bupati Konawe itu Sekda Konawe," katanya.

Sekda Konawe ditunjuk oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara untuk melakukan tugas-tugas Bupati Konawe sembari menunggu SK dari Kemendagri.

Muliadi menambahkan, saat ini pihaknya menunggu surat keputusan dari Mendagri terkait pengangkatan dan pemberhentian Pj Bupati Konawe secara resmi.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Tegaskan Pengelolaan Dana Desa Harus Sesuai Regulasi

"Untuk penggantinya siapa, itu nanti berdasarkan SK Kemendagri," katanya.

Untuk nama-nama calon pengganti Harmin Ramba sebagai Pj Bupati Konawe, pihaknya belum bisa membeberkan karena semua masih diproses dan masuk dalam ranah Kemendagri.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Tunjuk Asisten II jadi Pelaksanaan Tugas Kadis Dukcapil

Sementara itu, Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengatakan, sesuai dengan TMT Harmin Ramba akan pensiun di tanggal 1 Agustus.

"Jadi di tanggal 1 Agustus dia bukan lagi Pj Bupati Konawe," ungkapnya.

Lanjut Asrun Lio, tetapi ketika di tanggal 1 Agustus nanti belum ada SK pengangkatan Pj Bupati yang baru, maka Pj Gubernur Sulawesi Tenggara akan menunjuk Plh untuk melakukan tugas-tugas Bupati Konawe. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS