Sekda Sultra Ditantang Sumpah Pocong Soal Seleksi Sekretaris Daerah Busel

Deni Djohan

Reporter Buton Selatan

Jumat, 04 Maret 2022  /  2:00 pm

Suasana pelaksanaan sumpah pocong. Foto: Repro Detik.com

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Salah satu calon Sekda Buton Selatan (Busel), LM Muharram, menantang Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tidak lain Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekda Buton Selatan (Busel), Nur Endang Abbas, untuk melakukan sumpah pocong.

Tantangan ini dikatakan Muharram, setelah dirinya dinyatakan gugur dalam proses seleksi Sekda Busel belum lama ini.

"Saya tantang Ketua Pansel (Nur Endang Abbas), kita sumpah pocong kalau berani evaluasi kembali berkas syarat administrasi para calon Sekda Busel. Yang penting beliau mau bicara sejujur-jujurnya soal berkas administrasi ini," tantang Muharram ketika memberikan keterangannya kepada Telisik.id belum lama ini.

Tak hanya Nur Endang Abbas, ia juga menantang Kepala BKPSDM Sultra, Zanuria, untuk berbicara jujur apakah terdapat kecurangan atau tidak selama proses seleksi berjalan.

"Saya yakin tidak berani. Karena saya yakin dugaan suap itu ada. Memang kami tidak lihat. Tapi kami rasakan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Dituding Sebagai Dalang Kecurangan Seleksi Sekda Busel, Begini Jawaban Anggota KASN

Tantangan yang dilontarkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buton ini cukup beralasan. Bagaimana tidak, proses tahapan seleksi Jenderal ASN Busel itu sangat tertutup. Bukan hanya pada publik, pada peserta juga sangat tertutup.

Baca Juga: Abaikan Surat Dirjen Kemendagri, Pelantikan Sekda Busel Kembali Disoal

Tak ada pengumuman resmi yang disampaikan kepada dirinya selaku peserta seperti yang dilakukan di daerah lain ketika melakukan seleksi Sekda.  

"Bayangkan, undangan semua lewat telepon. Saya ditelepon Jamal (salah satu panitia di daerah) larut malam untuk mengabarkan supaya besok pagi berangkat di Kendari guna mengikuti tahapan wawancara," katanya.

Hingga berita ini dirilis, Ketua Pansel yang juga Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, belum menjawab konfirmasi Telisik.id. Begitu juga dengan Kepala BKPSDM Sultra, Zanuria ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp-nya.  (C)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Haerani Hambali