Sosok Ahmad Muzani, Politisi Kepercayaan Prabowo jadi Ketua MPR 2024 - 2029

Ahmad Jaelani

Reporter

Kamis, 03 Oktober 2024  /  5:20 pm

Dukungan dari Partai Gerindra dan menjadi salah satu faktor penting, membawa Ahmad Muzani sebagai ketua MPR RI. Foto: Repro riaumandiri

JAKARTA, TELISIK.ID - Sidang Paripurna MPR RI yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2024), mengukuhkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI untuk periode 2024 - 2029.

Ahmad Muzani, yang berasal dari Fraksi Partai Gerindra, resmi menggantikan Bambang Soesatyo yang sebelumnya memimpin lembaga tersebut pada periode 2019 - 2024.

Ahmad Muzani bukanlah wajah baru dalam panggung politik nasional. Sebelum menjabat sebagai Ketua MPR, ia telah menempati posisi sebagai Wakil Ketua MPR RI pada periode sebelumnya, yakni 2019-2024.

Di bawah kepemimpinan sementara Guntur Sasono, Sidang Paripurna tersebut mendapatkan persetujuan dari peserta sidang untuk menetapkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI yang baru.

"Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024 - 2029 dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR 2024 - 2029 dapat disetujui?" ujar Guntur Sasono, yang direspons setuju oleh peserta sidang, seperti dikutip dari Antara.

Selain menetapkan Ahmad Muzani, Sidang Paripurna juga melantik delapan pimpinan MPR lainnya. Posisi-posisi penting tersebut didistribusikan ke berbagai fraksi, termasuk dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, serta Partai NasDem.

Baca Juga: Sepak Terjang Eko Patrio hingga Jabat Sekjen PAN

Nama-nama besar yang turut bergabung dalam susunan pimpinan MPR RI di antaranya adalah Bambang Wuryanto dari Fraksi PDI Perjuangan dan Kahar Muzakir dari Fraksi Partai Golkar.

Pelantikan pimpinan MPR RI kali ini berlangsung dengan kehadiran sejumlah tokoh penting. Ketua DPR RI, Puan Maharani, serta para Wakil Ketua DPR RI hadir dalam sidang tersebut, demikian pula Ketua DPD RI Sultan B Najamudin.

Tak ketinggalan, Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Ketua Umum Partai Demokrat, juga turut hadir menyaksikan jalannya pelantikan pimpinan MPR.

Penetapan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI telah melalui proses panjang. Pada malam sebelumnya, Rabu (2/10/2024), Rapat Pimpinan Gabungan sementara MPR RI telah mencapai kesepakatan untuk mengusung Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI.

Namun, pelantikan yang semula dijadwalkan pada hari itu terpaksa diundur menjadi Kamis(3/10/2024) karena belum adanya kesepakatan mengenai pimpinan dari unsur DPD RI.

Pada akhirnya, susunan pimpinan MPR RI berhasil terbentuk dengan sembilan nama, yang terdiri dari delapan fraksi partai politik serta satu unsur dari DPD RI.

Telisikers, berikut ini daftar lengkap pimpinan MPR RI periode 2024-2029 yang telah disetujui oleh Sidang Paripurna:

1. Fraksi PDI Perjuangan: Bambang Wuryanto

2. Fraksi Partai Golkar: Kahar Muzakir

3. Fraksi Partai Gerindra: Ahmad Muzani (Ketua)

4. Fraksi Partai NasDem: Lestari Moerdijat

5. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa: Rusdi Kirana

6. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera: Hidayat Nur Wahid

7. Fraksi Partai Amanat Nasional: Eddy Soeparno

8. Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono

9. Kelompok DPD RI: Abcandra Muhammad Akbar Supratman

Dilansir dari Wikipedia, Ahmad Muzani dikenal sebagai sosok yang memiliki kedekatan dengan berbagai kalangan, baik di dunia politik maupun sosial. Ia memulai karier politiknya saat bergabung dengan Partai Bintang Reformasi (PBR), partai yang dibidani oleh Zainuddin MZ.

Baca Juga: Profil Annisa Pakusadewo Saksi Kunci Kasus Lolly dan Vadel Badjideh

Di partai tersebut, Ahmad Muzani sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Namun, menjelang Pemilu 2009, Muzani yang memiliki latar belakang di dunia perkebunan sawit mulai tertarik pada Partai Gerindra.

Ketertarikan tersebut mengantarkan Ahmad Muzani menjadi bagian dari Partai Gerindra. Ia bahkan berhasil memenangkan hati Prabowo Subianto, pendiri Partai Gerindra, hingga diangkat menjadi Sekretaris Jenderal.

Sejak saat itu, kiprah politik Ahmad Muzani semakin bersinar. Ia kemudian mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari daerah pemilihan Lampung I dan berhasil melenggang ke Senayan pada Pemilu 2009.

Sebagai anggota DPR RI, Ahmad Muzani ditempatkan di Komisi I yang membidangi urusan pertahanan, luar negeri, dan informasi. Kariernya di dunia parlemen semakin moncer ketika ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, serta Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Pada periode 2014 - 2019, Ahmad Muzani kembali terpilih sebagai anggota DPR RI dan diangkat menjadi Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR RI. Kiprahnya di MPR semakin menguat ketika pada 26 Maret 2018, ia diangkat menjadi Wakil Ketua MPR RI berdasarkan revisi UU MD3.

Ahmad Muzani pun terus melanjutkan kiprahnya di dunia politik hingga akhirnya dipercaya menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS