Sosok dan Harta Kekayaan Mahfud MD, Menkopolhukam yang Kini Cawapres Ganjar Pranowo

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Sosok dan Harta Kekayaan Mahfud MD, Menkopolhukam yang Kini Cawapres Ganjar Pranowo
Sosok dan harta kekayaan Mahfud MD, Cawapres Ganjar Pranowo. Foto: Ig/@mohmahfudmd

" Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, resmi ditunjuk sebagi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Ganjar Pranowo. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, resmi ditunjuk sebagi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Ganjar Pranowo. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Rabu (18/10/2023).

Dalam keterangannya, Megawati  menetapkan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo karena kemampuan dan pengalamannya. Dirinya juga menambahkan, Mahfud dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik.

Lantas siapakah sosok Mahfud MD dan seberapa banyak harta kekayaannya?

Mohammad Mahfud Mahmodin atau yang dikenal Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957, dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadijah.

Baca Juga: Sosok Resta Sastra Dewa, Duta Bahasa Nasional Sulawesi Tenggara 2023

Dilansir dari berbagai sumber, inisial MD di belakang namanya berasal dari nama ayahnya karena saat sekolah menengah pertama (SMP) ada dua siswa mempunyai nama yang sama bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD.

Mahfud MD sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sejak Oktober 2019.

Selama masa jabatannya sebagai Menkopolhukam, Mahfud sering ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri pengganti, seperti menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ketika menteri definitif, Tito Karnavian melakukan diplomasi ke Singapura pada 2020.

Kemudian ia juga menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sewaktu menteri definitif, Tjahjo Kumolo mengalami sakit hingga akhirnya meninggal dunia. Ia kembali menjabat jabatan yang sama pada Juli 2022 sebagai pelaksana tugas menteri.

Sebelumnya, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi pada periode 2008-2013. Ia juga merupakan anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Mahfud sendiri merupakan lulusan dari SD Negeri Waru Pamekasan, Madura, dan kemudian melanjutkan Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), Pamekasan Madura selama empat tahun. Lalu ia melanjutkan Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), selama tiga tahun di Yogyakarta.

Setelah lulus SMA, Mahfud melanjutkan ke dua perguruan tinggi sekaligus. Ia mengambil jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta dan jurusan Sastra Arab, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kemudian, ia menempuh program Pasca Sarjana S2, Ilmu Politik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan selanjutnya program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sebelum menjadi Ketua MK, Mahfud MD lebih dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI pada tahun 2000-2001, dan menjadi Menteri Kehakiman dan HAM di tahun 2001.

Dilansir dari arsip Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara Elektronik (e-LHKPN) pada laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta kekayaan Mahfud MD sebagaimana LHKPN 31 Desember 2022 tembus Rp 29,5 miliar (Rp 29.546.144.117) dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga: Sosok Sherina Munaf, Berkarir di Dunia Hiburan Sejak Kecil

- Tanah dan bangunan: Rp 12.060.316.000.

- Alat transportasi dan mesin: Rp 1.503.000.000.

- Harta bergerak lainnya: Rp 180.500.000.

- Surat berharga: -

- Kas dan setara kas: Rp 15.802.328.117.

- Harta lainnya: -

-  Utang: -

Dari data tersebut, diketahui Mahfud MD tercatat mempunyai 15 bidang tanah dan bangunan dengan luas berkisar 64 sampai 700 meter persegi. Properti tersebut tersebar di Sleman, Pamekasan, Surabaya, dan Jakarta Selatan. Dia juga mengoleksi enam kendaraan bermotor, meliputi motor Honda (2007), Toyota Avanza Veloz (2012), Toyota Vios (2013), Toyota Camry (2017), Toyota Alphard (2018), dan Vespa Primavera 150 (2021). (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga