Sukses Kelola Keuangan, Pemda Kolut Raih WTP 6 Kali Berturut-turut

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Kamis, 25 Juni 2020  /  7:42 pm

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH saat menerima penghargaan Opini WTP dari BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara M. Ali Asyhar, SE.,AK.CSFA.CA. Foto: Ist.

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara

Drs. H. Nur Rahman Umar, MH-H. Abbas, SE sangat baik. Ini terbukti dengan keberhasilan Pemda Kolut meraih penghargaan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut sejak 2014 sampai 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini ini diterima langsung oleh Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dari Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara, M. Ali Asyhar, SE.,AK.CSFA.CA yang disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel.,M.Si serta Sekretaris Daerah, Taufiq S. SP.,MMdi Kantor BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara, Rabu (24/6/2020).

Pencapaian ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHPBPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara, tahun 2019.

Atas capaian tersebut Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar., MH bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara serta BPK Perwakilan Sultra yang selama ini memberikan saran, rekomendasi, pembinaan, dan asistensi. Baik dalam pembinaan SPI, pengelolaan keuangan dan aset daerah maupun kegiatan pelatihan.

Baca juga: Puluhan Ribu Orang Desak Menteri Keuangan Buka Hasil Audit BPJS Kesehatan

"Saya mengapresiasi kerja keras teman-teman dalam mempetahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih selama 6 tahun berturut-turut. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sultra, yang telah memberikan saran dan rekomendasi dalam rangka perbaikan kualitas dan mutu laporan keuangan serta pembinaan dan asistensi baik dalam pembinaan SPI, pengelolaan keuangan dan aset daerah maupun kegiatan pelatihan," kata bupati.

Lebih lanjut pasangan H. Abbas, SE ini mengungkapkan penghargaan opini WTP yang merupakan opini tertinggi dalam LKPD yang telah diraih akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sebagai salah satu agenda reformasi birokrasi.

"Sehingga Opini WTP yang telah diraih dan menjadi kebanggaan kita kedepannya akan tetap dipertahankan," ungkapnya.  

Tidak hanya itu, penghargaan opini dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemeritah Daerah Kabupaten Kolaka Utara, tahun 2019 merupakan wujud dari tekad yang kuat selama ini dijalankan Pemda Kolaka Utara dalam membangun Sistem Tatakelola Pemeritahan yang baik (Good Governance) dan Tatakelola Pemerintahan yang bersih (Clean Governance).  

Sebagai informasi, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang berdasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP), Kecukupan Pengungkapan, Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan, dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin