Sukseskan Pilkada, Parinringi Tekankan Taat Prokes COVID-19

Fitrah Nugraha

Reporter

Selasa, 08 Desember 2020  /  11:00 am

Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - H-1 pencoblosan Pilkada serentak 2020, persiapan demi persiapan dilakukan untuk mensukseskan pesta demokrasi ini.

Pilkada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dimana, pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berada di tengah kondisi pandemi COVID-19, sehingga membutuhkan penanganan khusus.

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra), Parinringi lebih menguatkan persiapan Pilkada, bukan hanya memantau logistik tapi juga memastikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

 

Pelaksanaan Roadshow Desk Pilkada Sultra di Kolaka Timur, yang dipimpin Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi (kedua dari kanan). Foto: Ist.

 

Menurut Parinringi, untuk memantau dan memastikan penyelenggara Pilkada di tujuh kabupaten/kota, pihaknya membentuk Roadshow Desk Pilkada Sultra, yang merangkum pihak terkait mulai dari pihak Badan Intelejen Nasional (BIN), kepolisian, TNI serta pemerintah, termasuk Kesbangpol sendiri.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, kata dia, Roadshow Desk Pilkada ini melakukan pemantauan, evaluasi dan koordinasi dengan Pemda setempat di tujuh kabupaten/kota, termasuk dengan penyelenggara Pilkada dan pihak pengamanan.

Baca juga: BWS Sulawesi IV Kendari Lakukan Aksi Bersih Sungai di Hari Bakti PU ke-75

Untuk Kesbangpol, mendapatkan tugas melakukan Roadshow di Kabupaten Muna, Kolaka Timur dan beberapa daerah lainnya.

Dalam Roadshow tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan Komandan Kodim (Dandim) 1416, Kapolres dan sejumlah pejabat Pemda setempat serta pihak penyelenggara Pilkada dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pertemuan tersebut membahas tentang sejauh mana penanganan stabilitas sosial, keamanan, politik dan ekonomi masyarakat dalam rangka tahapan Pilkada sampai dengan persiapan seperti apa penanganan saat hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Termasuk, kata Parinringi, pihaknya juga memantau dan memastikan pengadaan logistik Pilkada seperti yang dilakukan di Kabupaten Kolaka Timur, dan yang terpenting juga adalah memastikan protokol kesehatan COVID-19 dapat diterapkan dengan baik.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini juga mengaku, bahasan yang paling utama cenderung didiskusikan selain persiapan logistik adalah protokol kesehatan.

Baca juga: FKUB Dorong DPRD Bentuk Perda Kerukunan Umat Beragama di Kendari

"Nah, saat kita pantau di lapangan, teman-teman penyelenggara sudah mempersiapkan semua, mulai dari penyemprotan disinfektan di TPS, persiapan penyediaan masker, hand sanitizer, jarak diatur sampai disiapkan alat pengukur suhu tubuh bagi masyarakat yang akan memilih," katanya.

Penerapan Prokes ini, ia menambahkan, beberapa wilayah sudah melakukan simulasi di lapangan, terkait mekanisme masyarakat yang datang mencoblos. Dalam simulasinya, diatur bagaimana tahapan mencoblos, di mana mendaftar dan setelah mendaftar diarahkan kemana.

"Termasuk akan disiapkan hand sanitizer, petugas juga disiapkan pengaman diri. Dan, bagaimana agar pemilih tidak bersentuhan langsung dengan petugas penyelenggara. Jadi itu sudah diatur semua, sudah ada SOP-nya," jelasnya.

Olehnya itu, Parinringi mengajak masyarakat pemilih agar mengikuti arahan Prokes yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu dengan sering cuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker dan bersama menjaga kestabilitas keamaman, sehingga Pilkada di Sultra dapat sukses sesuai dengan yang diharapkan.

"Atas nama Pemprov dari Kesbangpol dan atas nama tim Desk Pilkada, mengimbau masyarakat khususnya warga di kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada untuk menyalurkan hak suaranya. Mari ke TPS memilih pemimpin tanpa ada intervensi dari pihak manapun," tutupnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali