BWS Sulawesi IV Kendari Lakukan Aksi Bersih Sungai di Hari Bakti PU ke-75

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 07 Desember 2020
0 dilihat
BWS Sulawesi IV Kendari Lakukan Aksi Bersih Sungai di Hari Bakti PU ke-75
Kegiatan bersih sungai Balai Wilayah Sungai. Foto: Ist.

" Melalui KPS yang sudah terbentuk, saya harap komunitas ini betul-betul menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan sungai. Begitu juga masyarakat lainnya juga bisa ikut membantu dan terlibat dalam menjaga dan melestarikan sungai-sungai yang ada di Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menyambut Hari Bakti PU yang ke 75 di tahun 2020, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari bersama Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kota Kendari menggelar aksi bersih-bersih sungai.

Camat Kendari Barat, Sahru Rianto Meronda mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BWS Sulawesi IV Kendari. Pasalnya, kegiatan ini sinkron dengan visi misi Kota Kendari yang ingin mewujudkan sebagai kota bersih dan layak huni.

"Ke depan kami akan mengupayakan menjadikan areal bantaran di sepanjang sungai sebagai area bersih dan bebas sampah agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Dengan begitu, secara otomatis warga  yang ada di sekitar bantaran akan tetap menjaga kebersihan sungai," ungkapnya, Senin (7/11/2020).

Kepala Seksi OP BWS Sulawesi IV Kendari, Annur Ramadhani Asana, S.Si.,MT, selaku leader aksi bersih-bersih sungai mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yaitu bimbingan teknis Komunitas Peduli Sungai (KPS) se-kota kendari.

Pada kegiatan aksi bersih sungai kali ini, melibatkan 4 KPS di Kota Kendari, yaitu KPS Lahundape, Kemaraya, Wanggu dan KPS Lepo-lepo.

Baca juga: FKUB Dorong DPRD Bentuk Perda Kerukunan Umat Beragama di Kendari

"Melalui KPS yang sudah terbentuk, saya harap komunitas ini betul-betul menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan sungai. Begitu juga  masyarakat lainnya juga bisa ikut membantu dan terlibat dalam menjaga dan melestarikan sungai-sungai yang ada di Kota Kendari," paparnya.

Sungai-sungai ini adalah drainase utama kota Kendari, ketika sungai-sungai bersih dari sampah maka ketika musim hujan tidak lagi menimbulkan banjir dan juga ketika musim kemarau tidak kekeringan.

BWS Sulawesi IV Kendari melalui SATKER OP dalam kegiatan ini juga memberikan bantuan peralatan untuk membersihkan sungai kepada 4 KPS. Bantuan tersebut berupa gerobak dorong, skop, cangkul, sapu lidi, pengeruk sampah dan arit.

Di akhir kegiatan ini seluruh pihak yang terlibat bersama-sama  melakukan panen ikan yang diternak  di sepanjang Sungai Lahundape. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga