Sulkarnain: Saatnya Kota Kendari Wakili Sulawesi Tenggara di MTQ Nasional

Sasmiraza

Reporter

Kamis, 11 Agustus 2022  /  1:48 pm

Gubernur Ali Mazi saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022, Rabu (10/8/2022) malam. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 di salah satu hotel Kota Kendari, Rabu (10/8/2022) malam.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, Kota Kendari optimis menjadi juara umum satu untuk mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional.

“Semua daerah pasti mengerahkan kemampuan terbaiknya dan mengutus peserta terbaiknya untuk mengikuti MTQ tahun ini. Kalau tahun lalu kami menjadi juara umum dua, sekarang waktunya kami menjadi juara umum satu,” tutur Sulkarnain.

Sementara Gubernur Ali Mazi saat membuka MTQ mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) adalah salah satu event keagamaan di Indonesia yang dimulai sejak tahun 1940 hingga sekarang.

Ali Mazi menambahkan, MTQ mengalami banyak pengembangan dan penyelenggaraannya tidak hanya dilandasi atas nilai-nilai keagamaan, ini juga mengandung makna dan nilai-nilai kebangsaan yang senantiasa menjunjung tinggi kesatuan, kebhinekaan dan toleransi.

Baca Juga: Ciptakan Keluarga Berkualitas Harus Disiapkan Sejak Remaja

Lanjut Ali Mazi, MTQ merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini.

“Saya akan mendorong dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya menyukseskan kegiatan MTQ,” pungkas Ali Mazi.

Baca Juga: MTQ XXIX Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Dibuka, Target ke Depan Juara Internasional

Sementara itu, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir menyebutkan, pawai MTQ tahun ini sangat unik dan berbeda dari MTQ sebelumnya karena dimeriahkan juga oleh saudara-saudara yang non-muslim.

“Ini adalah pemandangan yang sangat sejuk. Saya sangat mendukung ide untuk menjadikan momentum MTQ ini sebagai momen untuk saling merangkul satu sama lain, terlihat dari 40 lebih budaya dan kerukunan-kerukunan yang ada di Sulawesi Tenggara juga tampil di pawai taaruf meski hujan-hujan,” ucap orang nomor satu di Kota Kendari ini.

Sekedar informasi, kegiatan pembukaan MTQ ini diikuti oleh seluruh bupati dan wali kota se-Sulawesi Tenggara. (C-Adv)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali