Ternyata Bukan Indonesia, Ini Negara Pemilik Pulau Terbanyak

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Minggu, 05 Februari 2023  /  8:22 am

Ternyata bukan Indonesia pemilik pulau terbanyak di dunia. Negara tersebut berasal dari Benua Eropa, tepatnya Swedia. Foto: Repro Original.co.uk

STOCKHOLM, TELISIK.ID - Ternyata Indonesia bukanlah negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Negara tersebut berasal dari Benua Eropa yaitu Swedia.

Melansir Wikipedia.com, Swedia merupakan negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur.

Berdasarkan laporan Worldatlas.com, Swedia menduduki posisi pertama negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, bahkan terdapat 221.831 pulau dimiliki negara paling utara di bumi.

Kepulauan Stockholm terdiri dari hampir sekitar 20.000 pulau, baik itu pulau kecil dan bebatuan yang terletak antara Oregrund di utara dan Landsort di selatan seperti dilansir dari laman Tempo.co.

Baca Juga: Warga Korea Selatan Pesta Babi Tolak Pembangunan Masjid, Ini yang Terjadi

Baca Juga: Tentara Bayaran Rusia Kerja Sama Mata-Mata China, Siap Hancurkan Ukraina

Namun dari jumlah yang besar itu, hanya sekitar 24.000 pulau di antaranya yang terbuka untuk umum atas kebijakan Hak Akses Publik Swedia. Sehingga hal ini memungkinkan siapa saja untuk masuk atau sekadar mendaki melalui hutan maupun ladang-ladang tanpa meminta izin kepada pemilik tanah.

Mengutip Katadata.co.id, Norwegia berada di posisi kedua yang memiliki 239.057 pulau. Posisinya diikuti oleh Finlandia dan Kanada yang masing-masing memiliki 178.947 pulau dan 52.455 pulau.

Posisi kelima ditempati Amerika Serikat memiliki 18.617 pulau. Indonesia menempati posisi keenam dengan 17.504 pulau. Australia berada di urutan selanjutnya dengan 8.222 pulau. Sedangkan, Filipina berada di posisi kedelapan dengan 7.641 pulau. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS