Terseret Aliran Sungai, Tim SAR Temukan Nenek Mianti Sudah Tewas

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Kamis, 23 Desember 2021  /  3:32 pm

Penemuan jenazah Sih Mianti oleh Tim SAR. Foto: Humas Basarnas

SURABAYA, TELISIK.ID - Tim SAR gabungan menemukan jenazah Sih Mianti (80) warga dusun Rowotrate kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang, Kamis (23/12/2021).

Sih Mianti sendiri sebelumnya dilaporkan pihak keluarganya hilang di sungai Rowotrate tersebut.

“Jenazah ditemukan dilokasi kejadian hilangnya korban sekitar 300 meter,” ungkap komandan Tim Operasi kantor SAR Surabaya Andi Pamuji, Kamis (23/12/2021).

Dijelaskan Andi Pamuji, dalam upaya pencarian korban, sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) air telah dikerahkan untuk melakukan pencarian di sungai Rowotrate.

Lebih lanjut, kata dia, SRU air satu dan SRU air dua melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet dan perahu jukung, serta SRU air tiga melakukan pencarian dengan tehnik tubing.

“SRU 1 dan SRU dua memulai pencarian dari muara sungai, beriringan di sisi kanan dan kiri sungai menempuh jarak sekitar 6 kilometer menuju ke lokasi kejadian. SRU 1 yang menggunakan perahu karet melakukan manuver di beberapa lokasi yang dicurigai,” jelasnya.

Baca Juga: Diterjang Hujan dan Angin Kencang, Sejumlah Rumah di Wakatobi Rusak Berat

Manuver perahu karet ini, kata Andi Pamuji, dimaksudkan untuk menimbulkan gelombang air sungai yang besar agar benda-benda yang berada di dalam sungai dapat terangkat ke permukaan, termasuk korban yang diduga ada di dalam sungai.

Baca Juga: Peringatan Nataru 2021, di Jatim Tak Diberlakukan Penyekatan

“Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua SRU lagi untuk melakukan pemantauan di Goa Mas dan melakukan penysiran darat dari muara sungai kemudian melewati pesisir pantai Bajulmati hingga sampai di pesisir pantai Ungapan,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha