Tiga Mahasiswa UHO Sabet Juara Olivia Tingkat Nasional

Andi Irna Fitriani

Reporter

Minggu, 21 November 2021  /  2:08 pm

Dari kiri: Rifayan, Dhiandra Maharani dan Faisal, pemenang Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) pada kategori teknologi tingkat nasional. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga mahasiswa Teknik Sipil Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, menjadi juara Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) pada kategori teknologi, tingkat nasional.

Dhiandra Maharani, Rifayan, dan Faisal, tergabung dalam satu tim dan berhasil mengalahkan peserta lainnya dari berbagai universitas se-Indonesia. Ketiganya unggul dalam pengembangan aplikasi, pada lomba inovasi energi baru dan terbarukan yang diselenggarakan setahun sekali.

Ketua tim, Faisal, tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan yang diadakan secara daring tersebut. Terlebih, mengingat persiapan yang cukup singkat dan apa adanya sehingga dirasanya tidak maksimal.

Baca Juga: Gandeng BP2MI, Stikes Karya Kesehatan Kendari Dorong Alumni Meniti Karir ke Luar Negeri

"Alhamdulillah tidak menyangka apalagi ini kompetisi pertama kali untuk kami dan bisa membanggakan nama universitas di tingkat nasional," katanya saat ditemui Minggu (21/11/2021).

Di tempat yang sama, anggota tim, Rifayan mengungkapkan, kerja keras yang dihasilkan tidak terlepas dari dukungan dosen dan dekan jurusan DIII Teknik Sipil Program Studi Vokasi UHO.

"Tentu juga dorongan dan arahan dari senior yang terngiang-ngiang di hati sanubari kami untuk tidak takut mencoba," ungkapnya.

Sementara itu, anggota tim yang lain, Dhiandra Maharani menerangkan, aplikasi yang membawa mereka menorehkan nama pada tingkat nasional itu akan terus dikembangkan.

"Kami akan terus upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan serta saya berharap aplikasi ini dapat tembus nantinya di playstore dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Untuk diketahui, perhelatan Olivia 2021 tersebut, UHO Kendari dipercaya sebagai tuan rumah, serta mengangkat tema Creating Innovation and Competence in The New Normal Era.

Baca Juga: IAIN Kendari Libatkan 80 Sekolah pada Bimtek PDSS SPAN-PTKIN Tahun 2021

Olivia merupakan event kompetisi nasional bagi Perguruan Tinggi Vokasi yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 2016.

Pada Olivia 2021, seluruh civitas akademika Perguruan Tinggi Vokasi didorong untuk melakukan kolaborasi baik antar departemen maupun antar perguruan tinggi, sehingga menciptakan team work di segala bidang.

Dhiandra Maharani, Rifayan, dan Faisal dalam kemenangan mereka, turut memotivasi kepada mahasiswa lainnya agar tak cepat putus asa sebelum mencoba.

"Yang terpenting niat saja dulu, kemudian tekad belajar kuat, dan pasti kerja keras karena semua hasil yang dicapai yang menentukan dari usaha masing-masing," ucap ketiganya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani/Telisik

Editor: Haerani Hambali